Connect with us

Keindahan Tempat Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir

Keindahan Tempat Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir

Travel

Keindahan Tempat Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir

RANCAH POSTDanau Toba merupakan danau vulkanik yang pada awalnya berupa bekas kawasan letusan dari gunung berapi terbesar di dunia dan di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau dengan nama Pulau Samosir. Danau Toba terletak di provinsi Sumatera Utara lebih tepatnya ada di Medan.

Danau Toba memiliki luas sekitar 1707 km persegi bahkan lebih luas dari negara Singapore dua kali lipatnya. Terbentuknya Danau Toba akibat dari letusan gunung raksasa jaman purba yang sudah di teliti lebih mendalam pada saat terjadinya letusan terjadi perubahan iklim di dunia sehingga terjadi zaman es pada masa itu.

Akibat dari letusan tersebut  hampir memusnahkan manusia pada zaman tersebut dan meninggalkan kaldera terbesar di dunia. Saat ini kaldera tersebut berisi air sehingga menjadi danau dan ada bagian kaldera yang tidak terjangkau air sehingga terbentuk pulau. Danau tersebut adalah Danau Toba dan pulau tersebut adalah pulau Samosir.

Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan salah satu destinasi tujuan wisata dunia yang terdapat di Indonesia. Untuk dapat mencapai Danau Toba, dari kota Medan menuju Parapat dengan waktu perjalanan kurang lebih 5 jam. Di Danau Toba terdapat banyak keindahan panorama alam yang memukau. Apalagi bila menuju ke Pulau Samosir menggunakan kapal ferry maka akan langsung melihat keindahan alam danau yang eksotis tersebut.

Selama dalam perjalanan dari medan ke Danau Toba maupun di sekitar Danau Toba anda akan terpukau dengan keramahtamahan warga sekitar. Terlebih lagi masyarakat yang tinggal di pulau Samosir yang masih menganut cara kebudayaan tradisional dengan adat istiadat ketimurannya. Di dalam pulau Samosir juga terdapat tempat wisata yang bisa di kunjungi. Tempat wisata tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Kuliner Mie Gomak
Melakukan wisata dengan tujuan yang lumayan jauh keliatan kurang lengkap apabila tidak menikmati kuliner khas yang terdapat di tempat wisata tersebut. Salah satu kuliner yang ada di pulau Samosir adalah Mie Gomak. Mie Gomak ini bentuknya mirip spagethi dengan mie yang lebih tebal. Untuk makan Mie Gomak akan di sediakan saus berbahan bumbu andaliman dengan di campur jahe dan merica. Dengan rasa saus yang pedas dan panas akan menghangatkan tubuh di tempat yang masih alami seperti pulau Samosir ini.

Batu Persidangan
Zaman dulu di pulau Samosir terdapat sebuah tempat yang di jadikan sebuah persidangan bagi rakyatnya. Tempat tersebut terletak di Ambarita. Di tempat ini terdapat beberapa batu yang tersusun rapi melingkar sesuai dengan persidangan jaman kerajaan. Batu- batu tersebut sudah berusia ratusan tahun sejak pertama kali di gunakan pada masa itu.

Pantai Pasir Putih
Walaupun di namakan dengan pantai, namun sebenarnya lokasi ini hanyalah perairan yang terdapat di sekitar Danau Toba. Perairan ini memiliki pasir putih yang bersih sehingga menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Di pantai pasir putih ini bisa melakukan kegiatan-kegiatan air seperti berenang , main banana boat dan jetsky.

Berkeliling Pulau Samosir
Warga masyarakat yang tinggal di Pulau Samosir ada yang menawarkan jasa penyewaan sepeda motor untuk berkeliling Pulau Samosir. Dengan menggunakan sepeda motor maka akan lebih terasa dalam menikmati panorama alam yang terdapat di pulau Samosir dengan latar belakang perbukitan yang hijau dan lebat.

Pertunjukan Sigale-Gale
Tari tradisional khas batak yang sudah turun temurun ini biasa di adakan di Kampong Tua Huta Bolon. Wisatawan yang sempat menikmati tarian sigale-gale akan terasa kagum karena di dalam tarian tersebut mengandung pesan yang sangat mendalam.

Selamat berlibur ke Danau Toba dan Pulau Samosir.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
Advertisement
To Top