Connect with us

Keindahan Air Terjun 7 Bidadari Yang Mempesona

Keindahan Air Terjun 7 Bidadari Yang Mempesona

Travel

Keindahan Air Terjun 7 Bidadari Yang Mempesona

RANCAH POSTAir Terjun 7 Bidadari merupakan salah satu objek wisata di kota Semarang, tepatnya berada di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jika ditelisik dari namanya, sudah pasti air terjun ini memiliki kaitan dengan cerita bidadari. Konon katanya sejumlah bidadari pernah mampir ke air terjun ini untuk membersihkan diri. Lalu dari mana kata tujuh? Tujuh dalam nama air terjun ini diambil dari jumlah air terjunnya. Air terjun tujuh bidadari memiliki tiga tingkatan yang semuanya terdapat tujuh jalur air terjun, dari sinilah orang mendapatkan nama air terjun tujuh bidadari. Jika diukur secara total, sebenarnya air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya berkisar antara 0 hingga 11 meter saja.

Banyak misteri yang terdapat di air terjun tujuh bidadari ini, selain keindahannya yang mempesona, di sekitar air terjun juga terdapat sebuah makam seorang Ulama. Konon katanya bernama Kyai Mandhung, makam tersebut lebih dikenal sebagai makam Kyai Mandhung. Menurut cerita, Kyai Mandhung merupakan pengikut setia dari Pangeran Diponegoro, Kyai Mandhung juga merupakan Sesepuh bagi warga setempat pada jaman dahulunya. Dari beberapa hal ini, para pengunjung datang bukan hanya untuk melakukan wisata, ada juga yang berziarah ke Makam Kyai Madhung.

Tidak hanya itu, di sebelah air terjun Tujuh Bidadari juga terdapat sebuah sumur sedalam 1,5 meter yang memiliki sumber air abadi, tidak pernah kering dalam musim apapun. Selain tidak pernah kering, air sumur ini juga dipercaya dapat membuat awet muda, murah rejeki, dipertemukan dengan jodohnya, mendapatkan jabatan dan lain sebagainya.

Jika Anda akan melakukan perjalanan menuju air terjun tujuh bidadari dari kota Semarang, Anda akan menempuh sekitar 20 menit berkendara dengan menggunakan mobil pribadi. Jalan dari kota Semarang menuju Desa Keseneng cukup menantang, walaupun sudah mulus full dengan aspal, namun jalannya berliku dan tidak terlalu luas. Meskipun begitu tidak mengecilkan niat pengunjung untuk datang ke air terjun Tujuh Bidadari ini. Jika tidak dari Semarang, namun dari Ambarawa, Anda dapat melakukan perjalanan dengan menuju arah Bandungan, sampai Anda menemukan plang penunjuk arah menuju air terjun tujuh bidadari.

Satu hal yang cukup disayangkan adalah, minimnya penunjuk arah menuju Air Terjun 7 Bidadari ini. Jadi Anda harus benar-benar mengetahui arah jalannya agar tidak tersesat, atau jika Anda merasa ragu, jangan sungkan untuk menanyakannya dengan warga sekitar. Untungnya warga di sekitar Air Terjun 7 Bidadari ini sangat ramah, jadi Anda tidak perlu takut untuk bertanya jalan.

Untuk dapat masuk ke dalam area wisata air terjun tujuh bidadari, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 2000 rupiah per orang, belum termasuk biaya parkir. Setelah Anda memarkirkan kendaraan Anda, Anda tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk dapat melihat air terjun Tujuh Bidadari yang penuh misteri nan eksotik itu. Cukup berjalan sekitar 200 sampai 250 meter, Anda akan langsung tiba di lokasi air Terjun Tujuh Bidadari. Satu hal lagi yang sangat disayangkan adalah adanya beberapa coretan di batu dan pohon yang dilakukan oleh pengunjung-pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Jadi untuk Anda pengunjung yang bijak, lestarikan tempat wisata ini dan jagalah kebersihannya.

Demikian adalah informasi mengenai air terjun Tujuh Bidadari. Jika Anda berkunjung ke Semarang, jangan melewatkan objek wisata yang satu ini. Tidak hanya keindahannya saja yang dapat Anda nikmati namun history dan juga nilai sejarah itu sendiri yang menjadi misteri dan membuat pengunjung semakin ingin tau. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, selamat menikmati liburan Anda.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
Advertisement
To Top