Connect with us

Menuju MotoGP 2017, Indonesia Siap Bersaing dengan Thailand dan Finlandia

Menuju MotoGP 2017, Indonesia Siap Bersaing dengan Thailand dan Finlandia

Berita MotoGP

Menuju MotoGP 2017, Indonesia Siap Bersaing dengan Thailand dan Finlandia

RANCAH POST – Para penggila MotoGP di Indonesia tampaknya ini merupakan kabar baik yang menghampiri dunia otomotif khususnya balapan motor di Indonesia. Apa pasal? DORNA sebagai penyelenggara balapan MotoGP, telah merestui negara tercinta ini untuk bisa bersaing dengan Finlandia dan Thailand dalam menyelenggarakan MotoGP 2017 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Thailand atau dikenal dengan negara Gajah Putih tersebut telah memiliki Sirkuit Chang, dan Finlandia sendiri sedang membangun sirkuit bernama Kymi Ring. Sementara Indonesia juga mempunyai Sirkuit Sentul yang terletak di Bogor.

Indonesia mengklaim mampu membenahi Sirkuit Sentul dalam waktu 2 tahun. Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam keterangan pers ‘Road to MotoGP 2017’ di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata, hari Rabu kemarin.

Tinton Soeprapto, Carmelo Ezpeleta, Komjen (Purn) Nanan Soekarna dan Arief Yahya mewakili jabatan masing-masing menghadiri acara jumpa pers tersebut. Carmelo Ezpeleta dari DORNA mengharapkan Indonesia dapat melangsungkan gelaran balap motor paling bergengsi ini, dan ketiga tokoh perwakilan dari Indonesia sendiri menginginkan kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan.

“Sebuah kehormatan bisa berada di sini, dimana Indonesia adalah negara yang dinilai telah banyak menonton MotoGP. Oleh karena itu, DORNA dengan bangga menawarkan sebuah kesempatan emas bagi negara yang ingin menggelar MotoGP. Meskipun ada banyak yang harus dilakukan oleh Indonesia, namun DORNA yakin Indonesia mampu menggelarnya,” ungkap Ezpeleta.

“Sirkuit Sentul sudah diakui oleh pembalap-pembalap MotoGP seperti Valentino Rossi, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo, sekarang tinggal mewujudkan untuk bisa menggelar MotoGP. Indonesia sudah mempunyai Sirkuit Sentul, memodifikasinya hingga bisa sesuai standar DORNA,” kata Tinton.

“Kesempatan menggelar MotoGP 2017 merupakan sesuatu yang luar biasa, keinginan untuk menggelar balapan MotoGP dan F1 bisa direalisasikan sementara kami mempersiapkan untuk tahun 2017. Jika Sirkuit Sentul telah mendapat grade A, maka gelaran MotoGP bisa terlaksana, event otomotif kelas internasional apapun bisa digelar,” kata Nanan.

MotoGP di Tanah Air sendiri pernah digelar pada tahun 1996/1997, dimana Mick Doohan keluar sebagai juara dunia MotoGP 500cc pada tahun 1996. Tadayuki Okada juara di tahun 1997, dan Valentino Rossi juga pernah merasakan mengaspal di Sentul pada tahun 1997 ketika menjuarai kelas 125 cc.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita MotoGP

Advertisement
To Top