Connect with us

Tingginya Angka Pengidap HIV/AIDS di Ciamis Didominasi Laki-Laki Penyuka Sesama Jenis

Tingginya Angka Pengidap HIVAIDS di Ciamis Didominasi Penyuka Sesama Jenis

Berita Ciamis

Tingginya Angka Pengidap HIV/AIDS di Ciamis Didominasi Laki-Laki Penyuka Sesama Jenis

Berita Ciamis, RANCAH POST – Dari data yang berhasil diolah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Wisma Ciamis, diketahui bahwa hingga Bulan Mei 2015, tercatat sudah 231 orang di Ciamis mengidap HIV/AIDS. Angka yang cukup fantastis ini diperoleh LSM tersebut mengingat LSM ini terus melakukan pendampingan terhadap orang-orang yang mengidap salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini.

Selain jumlah penderita yang cukup fantastis, fakta mencengangkan ditemukan dari data yang dimiliki LSM ini. Dominasi pengidap HIV/AIDS di Ciamis bukanlah karena mereka pengguna narkotika ataupun pekerja seks komersial (PSK), melainkan didominasi oleh laki-laki yang memiliki kelainan seksual alias penyuka sesama jenis alias homo seksual.

“Jika melihat data ini memang memprihatinkan. Oleh karenanya harus kita lakukan pencegahan sedini mungkin agar penyebaran penyakit ini dapat dihentikan,” ujar Deni, Ketua LSM Wisma Ciamis, Selasa (19/5/2015).

Menyikapi hal ini, pihak LSM Wisma akan melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran HIV/AIDS kepada semua kalangan dan berbagai pihak yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Ingat! Yang harus kita perangi bukanlah penderitanya, melainkan penyakit HIV/AIDS itu sendiri,” himbau Deni.

Tak jauh berbeda dengan LSM Wisma, Dinas Kesehatan Ciamis melalui Kasi Penanganan Penyebaran Penyakit dan Penanggulangan Bencana Alam (P4B), H. Osep Hernandi, M.Kes, mengungkapkan bahwa pengidap HIV/AIDS ini sudah menyebar ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis dan diperkirakan jumlah penderitanya akan meningkat dalam satu bulan kedepan. Beliau menghimbau bagi siapa saja yang merasa beresiko terkena penyakit HIV/AIDS ini agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

“Siapa saja yang melakukan pemeriksaan HIV/AIDS, akan Kami jamin kerahasiaan identitas mereka,” tandasnya.

Via Harapan Rakyat
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Ciamis

Advertisement
Advertisement
To Top