Connect with us

Waduh! Mayoritas Pelajar di Ciamis Tak Bisa Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur'an

Berita Ciamis

Waduh! Mayoritas Pelajar di Ciamis Tak Bisa Membaca Al-Qur’an

Berita Ciamis, RANCAH POST – Keprihatinan dirasakan oleh DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kabupaten Ciamis berkenaan dengan masih ditemukannya mayoritas Pelajar tingkat SMP dan SMA yang belum mampu mengaji atau membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hal ini berdasarkan informasi yang diterima DMI dari beberapa Guru yang mengajar di SMP, MTs, maupun SMA yang ada di Kabupaten Ciamis.

Dr. H. Wawan S Arifin selaku ketua DMI Kabupaten Ciamis menilai permasalahan ini seyogianya dapat diantisipasi apabila Perda mengenai Diniyah berjalan sebagaimana mestinya. Dalam Perda Diniyah ini sudah jelas mengatur bahwa anak didik yang hendak masuk ke jenjang SD, SMP, maupun SMA diharuskan menyerahkan ijazah Diniyahnya.

“Mengenai permasalahan ini, DMI hanya bisa mendorong masyarakat untuk melaksanakan gerakan masyarakat Magrib mengaji. Berjalan atau tidaknya gerakan ini secara efektif bergantung kepada masayarakatnya itu sendiri,” ucap Wawan.

Lebih lanjut Ia pun memaparkan, dalam menghadapi bulan Ramadhan nanti, pihaknya akan terus mendorong DKM guna mengadakan kegiatan atau acara yang dapat memupuk masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai serta meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an khususnya dikalangan generasi muda.

“Kami berharap Perda Diniyah ini sesegera mungkin diberlakukan, agar nantinya sekolah formal mempunyai legalitas untuk memberikan pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) kepada anak didiknya masing-masing,” imbuhnya.

Rupanya Tidak bisa mengajinya mayoritas Pelajar di Kabupaten Ciamis ini diketahui dari hasil ujian mata pelajaran Agama Islam yang telah digelar di beberapa Sekolah.

Sumber HR
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Ciamis

Advertisement
Advertisement
To Top