Connect with us

Resep Cilok Bakar Bandung Spesial

Resep Cilok Bakar Bandung Spesial

Kuliner

Resep Cilok Bakar Bandung Spesial

RANCAH POSTResep cilok bakar bandung spesial. Cilok adalah salah satu makanan yang berbentuk bulat dan kenyal, mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi. Makanan ini sudah ada sejak lama dan makanan ini juga sudah menjadi favorit jajanan para anak-anak bahkan para orang dewasa sekalipun. Cilok hampir ada setiap penjuru, pelosok-pelosok di Indonesia sering kita jumpai. Namun cilok di setiap daerah itu macam-macam rasa dan macam bentuknya. Nama cilok berasal dari bahan yang digunakan yaitu aci dicolok.

Namun kali ini ada cilok yang berasal dari kota Bandung, yaitu cilok bakar spesial Bandung. Mungkin soal rasa cilok Bandung ini beda dengan daerah-daerah lainnya tetapi dari daerah manapun namanya tetap cilok. Bahkan sejak zaman nenek kita, cilok sudah ada. Kali ini ada resep membuat cilok bakar asal Bandung, agar para pengemar cilok bisa membuatnya sendiri di rumah dan selera dalam hal rasa maupun bentuknya.

Resep Cilok Bakar Bandung

Bahan-bahan yang diperlukan
Air panas secukupnya
Bawang merah 2 biji
Bawang putih biasa 1 bii
Bawang putih halus secukupnya
Daging kornet secukupnya
Garam sesuai selera yang asin atau yang sedang
Gula jawa atau gula merah
Kacang tanah 100 gram yang sudah digoreng
Kecap
Merica yang sudah dihaluskan atau lada
Minyak goreng
Penyedap rasa
Seledri
Tepung bisa kita gunakan tepung tapioka 300 gram
Tepung terigu secukupnya
Aci seperlunya

Alat-alat pembuatan cilok
Baskom
Alat-alat masak
Pisau
Ayakan santan
Sendok
Cetakan
dan lain-lain

Cara membuat cilok bakar Bandung spesial
Langkah yang pertama, kita musti mengayak tepung tapioka agar tidak ada gumpalan, setelah tepung tapioka diayak secara halus maka kita tambahkan lada atau merica yang sudah dihaluskan sampai merata.
Tumbuk bawang putih dengan halus lalu kita campur tumbukan bawang putih dengan air panas setelah semua sudah dicampur kita masukkan ke dalam adonan tadi dengan cara perlahan dan sambil diaduk agar semua terkena bumbu.
Setelah adonan sudah jadi dan siap, jangan lupa kita masukkan tepung terigu dengan diayak jangan langsung dimasukan, lalu kita aduk adonan tersebut, lama-lama adonan akan mengeras, boleh kita tambahkan air panas secukupnya ingat jangan terlalu banyak biar adonan tidak rusak dan menjadi bubur.
Kemudian kita nyalakan kompor ditaruh atasnya panci untuk rebusan setelah kita merebus air sampai mendidih sambil kita menunggu rebusan tersebut kita langsung saja mencetak adonan tersebut dan jangan lupa kita isikan daging atau juga isi yang lain sesuai keinginan Anda misalnya dalam bentuk bulat.
Setelah semua adonan sudah Anda cetak, lalu dan air rebusan sudah mendidih maka kita bisa langsung memasukkan adonan yang sudah dicetak tadi namun sebelum cilok dimasukan air rebusan perlu kita tambahkan penyedap dan minyak goreng satu sendok teh. Setelah semua sudah tinggal kita masukkan cilok, apabila ada cilok yang sudah mengapung itu tandanya cilok sudah matang.
Cilok boleh kita angkat, lalu bisa kita bakar seperti halnya kita membakar sate. Ada menu tambahan untuk membuat cilok menjadi lebih berasa yaitu bumbu kacang cara membuat bumbu cukup mudah yaitu kacang yang sudah digoreng, kita tumbuk sampai halus atau bisa juga secukupnya jadi terasa kacangnya dihaluskannya dengan bawang goreng. Setelah semua selesai kita tumis sampai air bumbu kacang surut baru kita tambahkan penyedap dan kecap.

Demikian resep cilok bakar Bandung spesial beserta cara pembuatannya, silahkan Anda praktekkan sendiri di rumah dan nikmati makanan atau cemilan ini bersama keluarga Anda. Selamat mencoba!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top