Ternyata Waktu Puasa di Indonesia Tercepat Ketimbang Negara Lain

Waktu puasa Indonesia
Waktu puasa Indonesia

RANCAH POST – Mungkin bagi sebagian masyarakat muslim Indonesia, waktu puasa di Tanah Air terasa sangatlah lama. Namun tahukah Anda? Apabila Anda melirik perbandingan lama waktu ibadah puasa di sejumlah kota di dunia ternyata waktu berpuasa di Indonesia cukup cepat.

Waktu puasa di Indonesia tidak ada apa-apanya ketimbang negara-negara lain di berbagai penjuru dunia. Terlebih, Indonesia resmi termasuk ke dalam negara dengan lama waktu puasa tercepat di Bumi.

Menurut laman huffingtonpost, di urutan pertama dengan lama waktu puasa tercepat adalah kota Punta Arenas Chile dengan waktu 9 jam 43 menit. Untuk urutan ke-2 ada kota Sydney di Australia dengan waktu berpuasa 11 jam 24 menit. Sedangkan di posisi ke-3 ada Rio di Brazil selama 12 jam 41 menit. Indonesia sendiri memiliki waktu ibadah puasa selama 13 jam 1 menit.

Namun, ada juga negara-negara yang harus lebih berjuang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kali ini selama 14 – 22 jam. Dua kota diantaranya yaitu, kota Stockholm di Swedia waktu puasa selama 20 jam 17 menit dan kota Reykjavik di Islandia selama 22 jam.

Perbedaan tersebut tentu saja berpatok kepada koordinat kota tersebut di permukaan bumi. Jika merujuk kepada posisi matahari dari khatulistiwa pada Juni 2015, maka saat ini matahari tengah berada di posisi paling jauh dari khatulistiwa, tepatnya di belahan bumi bagian utara.

Tabel waktu puasa di dunia

Dalam kondisi tersebut, maka tidak heran jika negara-negara bagian utara belahan Bumi akan mengalami waktu siang hari lebih lama ketimbang negara-negara di belahan bumi bagian selatan.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here