Connect with us

Resep Kue Kering Spesial Idul Fitri

Resep Kue Kering Spesial Idul Fitri

Kuliner

Resep Kue Kering Spesial Idul Fitri

RANCAH POSTResep kue kering spesial idul fitri. Tidak terasa, lebaran sudah semakin dekat. Tentunya Anda sudah mulai membuat hidangan-hidangan berupa kue-kue kering untuk Anda sajikan pada saat Lebaran.

Jika Anda tengah menyiapkan kue-kue untuk lebaran, jangan lupa untuk membuat kue kering di bawah ini. Berikut resepnya untuk Anda!

Resep kue kering putih salju

Bahan-bahan kue kering putih salju
220 gram tepung maizena
100 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 butir telur utuh
1/2 sendok teh vanila ekstrak
95 gram mentega
coklat chips untuk hiasan

Cara membuat kue kering putih salju
Siapkan oven, panaskan oven terlebih dahulu, atur pada suhu 165 derajat C. Simpan loyang pemanggang di tengah-tengah oven. Alasi loyang dengan menggunakan kertas baking. Sisihkan. Siapkan mangkuk mixer, kemudian masukkan seluruh bahan ke dalam mangkuk. Kocok dengan kecepatan rendah sampai semua bahan tercampur merata. Diamkan adonan selama  kurang lebih 10 – 15 menit. Atau dapat pula menggunakan food processor. Setelah itu, masukkan seluruh bahan ke dalam food processor, proses hingga tercampur sempurna. Diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit. Lumuri jari dan telapak tangan dengan menggunakan tepung maizena, ambil 1 sendok adonan. Lalu bulatkan dengan menggunakan telapak tangan dan juga ujung jari sampai menjadi berbentuk bola bulat. letakkan coklat chips di tengahnya, sambil ditekan supaya menempel. Susun bola adonan di dalam loyang. Berikan jarak antar kue karena kue akan melebar saat dipanggang. Panggang selama kurang lebih 15 – 20 menit atau sampai bagian sisi kue terlihat mengeras, permukaannya juga berwarna keemasan dan bagian tengahnya pun masih empuk. Keluarkan kue dari dalam oven, dinginkan selama kurang lebih 10 menit di loyang, kemudian pindahkan ke dalam rak kawat supaya benar-benar dingin.

Resep kue kering kacang tanah

Bahan-bahan kue kering kacang tanah
500 gr kacang tanah
700 gr tepung terigu
450 gr gula tepung
5 sdm mentega
400 ml minyak goreng
garam secukupnya
vanili cair secukupnya
25 gr susu bubuk
2 sachet susu kental manis
1/2 sdm soda kue

Bahan olesan kue kering kacang tanah
3-4 buah kuning telur
1-2 tetes pewarna makanan
1 tetes vanili cair

Cara membuat kue kering kacang tanah
Sangrai kacang tanah, jangan terlalu lama, cukup matang saja. Setelah itu kupas kulitnya lalu blender kacang hingga halus. Jangan di blender menggunakan air. Bisa juga di tumbuk sampai halus. Campurkan kacang tanah yg telah halus dengan tepung, garam, gula, soda kue, dan susu bubuk, aduk terlebih dahulu . kemudian masukan mentega cair, minyak goreng , susu kental manis, dan vanili cair. Aduk dengan menggunakan centong agar lebih mudah. Uleni sampai adonan kalis dengan menggunakan tangan. Setelah adonan kalis, tutup dengan menggunakan plastik , diamkan kurang lebih 1 jam. Siapkan 2 lembar plastik berukuran lebar di meja, letakkan adonan di plastik 1, lalu tutup dengan menggunakan plastik yang lain, kemudian pipihkan dengan roll setebal 1/2 cm. Lalu bentuk dengan menggunakan cetakan. Susun di loyang , setelah penuh, oven dengan menggunakan api kecil sampai setengah matang. Olesi dengan bahan olesan tadi kemudian oven kembali, tunggu beberapa menit sampai kue matang.

Itulah beberapa resep kue kering yang dapat Anda hidangkan untuk menemani Anda bersama keluarga di hari raya. Selamat mencoba!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top