Connect with us

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Kesehatan

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

RANCAH POSTCara mengobati gusi bengkak secara alami. Gusi yang bengkak pastinya sangatlah menyiksa dan tentunya membuat anda sangat merasa tidak nyaman sepanjang hari. Gusi yang bengkak merupakan peradangan dan juga infeksi yang terjadi pada jaringan gusi. Sumber infeksi ini adalah bakteri yang tinggal di rongga mulut akan menginfeksi gigi.

Gusi bengkak ditandai dengan adanya warna merah dan bengkak pada jaringan gusi, dan terjadi perdarahan sementara disaat sedang menyikat gigi. Untuk mengobati gusi bengkak, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini.

Berkumur air garam
Pertama, cara mengatasi gusi bengkak dengan cara berkumur menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam sangat bagus dalam meredakan pembengkakan gusi, oleh karena dalam garam terkandung zat antiseptik yang dapat melawan kuman penyebabnya. Anda dapat berkumur dengan air garam kira-kira 2-3 kali sehari yang kemudian dilanjutkan dengan berkumur menggunakan air bersih. Lakukanlah proses ini secara teratur.

Dengan daun sirih
Cara mengaplikasikannya yaitu ambilah sepuluh helai daun sirih, tambahkan kunyit dan garam secukupnya. Kemudian masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam air kurang lebih 500cc dan biarkanlah hingga air mendidih. Kemudian, saring airnya dan gunakanlah sari tersebut untuk berkumur-kumur atau diminum.

Lada hitam dan minyak cengkih
Kedua bahan ini adalah bahan tradisonal yang sudah dipercaya dapat mengatasi pembengkakan gusi. Caranya, cukup oleskan minyak cengkih dan sedikit lada hitam pada area gusi yang membengkak. Proses ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Pijatan gusi
Cara mengobati gusi bengkak secara alami yang lainnya yaitu Pijatan Gusi. hal ini jarang dilakukan, tetapi ini adalah cara yang sangat bagus untuk meredam rasa sakit pada gusi Anda.

Hidrogen peroksida/baking soda
Anda dapat pula berkumur dengan menggunakan Baking Soda. Obat kumur tersebut mampu mengurangi rasa sakit di gusi dan juga mencegah semakin menyebarnya bakteri yang menyebabkan pembengkakan gusi.

Rutin sikat gigi
Yang terakhir yaitu rutin menyikat gigi. Menyikat gigi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi Anda. Sebaiknya 2 sampai 3 kali sehari Anda melakukan gosok gigi atau sesudah mengkonsumsi makanan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati gusi bengkak yang Anda alami. Semoga bermanfaat!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top