Connect with us

Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Kesehatan

Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan

RANCAH POSTManfaat tidur miring ke kanan. Salah satu hadits menyebutkan bahwa hendaklah mendahulukan posisi tidur miring ke sebelah kanan dan menggunakan bantal dengan tangan kanan, tidak menjadi masalah apabila setelah itu merubah posisinya miring ke sebelah kiri.

Salah satu adab dalam tidur yaitu di anjurkan agar miring ke kanan, dan selain merupakan sunnah Nabi, hal ini ternyata mempunyai banyak sekali hikmah dan juga manfaat yang dapat kita ambil dari bidang kesehatan.

Berikut ini manfaat posisi tidur miring ke sebelah kanan menurut pandangan medis.

Mengistirahatkan otak sebelah kiri.
Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Bagian kanan adalah otak yang mengendalikan saraf organ tubuh sebelah kiri dan begitu pula sebaliknya.
Dengan posisi tidur ke sebelah kanan, maka otak bagian kiri dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh sirkulasi yang menjadi lambat disaat tidur.

Mengurangi beban jantung.
Posisi tidur miring kesebelah kanan yang rata, akan memungkinkan cairan tubuh menjadi terdistribusi secara merata dan juga terkonsentrasi di sebelah kanan. Hal tersebut dapat menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan juga keluar dari jantung menjadi lebih rendah. Dampak dari posisi tidur seperti ini yaitu denyut jantung menjadi melambat, tekanan darah pun akan menurun. Kondisi seperti ini dapat meningkatkan kualitas tidur.

Mengistirahatkan lambung.
Lambung manusia mempunyai bentuk menyerupai tabung dengan bentuk koma dan ujung katup keluaran menuju usus menghadap kesebelah kanan bawah. Apabila seseorang tidur menghadap ke sebelah kiri maka proses pengeluaran makanan yang sudah dicerna oleh lambung akan menjadi sedikit terganggu

Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
Disaat kita tidur, pergerakan usus akan meningkat. Dengan posisi di sebelah kanan, maka perjalanan makan yang sudah tercerna dan juga siap untuk di serap akan berlangsung lebih lama. Hal seperti ini disebabkan karena posisi usus halus sampai usus besar berada dibawah. Waktu yang cukup lama selama tidur memungkinkan penyerapan zat gizi bisa lebih optimal.

Merangsang buang air besar (BAB).
Dengan posisi tidur miring ke sebelah kanan, proses pengisian usus besar akan menjadi lebih cepat penuh. Apabila telah penuh, dapat merangsang gerak usus besar yang diikuti relaksasi dari otot anus sehingga buang air besar menjadi mudah.

Demikian beberapa manfaat tidur miring ke  kanan, selain mendapatkan pahala sunah, Anda pun akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top