Connect with us

Ini Dia Fakta Di Balik Ketombe Yang Harus Anda Tahu

Ini Dia Fakta Di Balik Ketombe Yang Harus Anda Tahu

Kecantikan

Ini Dia Fakta Di Balik Ketombe Yang Harus Anda Tahu

RANCAH POSTIni dia fakta di balik ketombe yang harus Anda tahu. Ketombe merupakan salah satu masalah yang dapat datang pada siapa saja, baik wanita ataupun pria, dari mulai yang masih muda hingga yang sudah tua. Tidak hanya kulit kepala yang menjadi terasa gatal, namun ketombe juga bisa mengganggu penampilan Anda.

Utamanya apabila kita memakai baju berwarna gelap ataupun hitam. Selama ini banyak yang menganggap bahwa ketombe itu adalah kulit kepala yang kering dam juga ketombe dapat menular. Tetapi apa sesungguhnya ketombe itu? Berikut ini fakta di balik ketombe yang harus Anda tahu.

Ketombe bukan diakibatkan oleh keringnya kulit kepala
Saat kulit gatal, flaky dan juga mengelupas, perasaan pertama Anda tentu akan mengatakan jika ini disebabkan oleh kulit kering yang kurang lembap. Tetapi, ketombe sesungguhnya diakibatkan oleh jamur yang memiliki bentuk seperti ragi. Biasanya jamur tersebut hidup di kulit kepala orang yang sudah dewasa dan juga hidup dari minyak yang lebih yang ada di kulit kepala yang akan mengiritasi kulit kepala dan juga mengganggu siklus normal pertumbuhan sel kulit kepala yang baru. Saat sel kulit kepala mati secara cepat dan luruh maka ini akan menjadi ketombe.

Ketombe tidak bisa menular dan bukan merupakan kondisi yang serius
Ketombe merupakan keadaan normal yang disebabkan jamur yang hidup pada kulit kepala. Ketombe tidak akan menular dan bukanlah merupakan masalah yang berbahaya bagi kesehatan, tetapi tentunya harus diatasi supaya tidak mengganggu percaya diri Anda.

Ketombe ada hubungannya dengan frekuensi keramas dan juga jenis sampo yang Anda pakai
Anggapan pertama, apabila terlalu sering menggunakan sampo ada kekhawatiran jika minyak alami kulit dapat terangkat yang akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Tetapi, ketika berketombe, apabila Anda jarang keramas maka kulit kepala Anda akan cenderung berminyak dan menjadi tempat yang cocok untuk jamur tumbuh. Pada akhirnya ketombe dapat menjadi semakin parah.

Ketombe tak bisa hilang seutuhnya tetapi bisa dikontrol
Sayangnya, apabila Anda rentan terhadap ketombe, ada kemungkinan masalah ini dapat kembali berulang. Pada remaja dan juga anak-anak, gejala ketombe sangat mudah terlihat, yaitu serpihan kulit mati yang memiliki warna putih yang menempel pada rambut dan juga bahu, dan juga kulit kepala akan terasa gatal. Diet dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan saturated dan trans fat juga dapat membantu mengontrol produksi minyak yang tidak akan memperparah jamur untuk tumbuh.

Itulah beberapa fakta di balik ketombe yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kecantikan

Advertisement
Advertisement
To Top