Connect with us

Fenomena Ilmiah Pelangi Api Mirip Burung Hiasi Langit Amerika Serikat

Pelangi

Berita Internasional

Fenomena Ilmiah Pelangi Api Mirip Burung Hiasi Langit Amerika Serikat

RANCAH POST – Fenomena ‘Pelangi Api’ yang langka telah terjadi di langit Isle of Palms, South Carolina, Amerika Serikat. Selama kurang lebih dari satu jam, masyarakat di daerah itu terpesona menyaksikan penampakan indah warna-warni mirip seekor burung itu.

Itu merupakan pelangi-api atau juga disebut awan tipis warna-warni. Warnanya terbentuk saat rangkaian peristiwa alam terjadi secara bersamaan.

Menurut laman Mirror, ahli meteorologi Justin Lock pada 14News, pelangi api hanya bisa terbentuk di awan tipis (cirrus) level tinggi yang terbentuk akibat butiran kecil kristal es.

Lock katakan, “Untuk mengjasilkan warna pelangi, sinar matahari harus masuk ke kristal es pada sudut yang benar-benar pas, untuk memberikan efek prisma dari spektrum warna. Sekali lagi, ini ada hubungannya dengan mendapatkan sudut yang tepat.”

Fire Rainbow

Istilah ilmiah dari fenomena langka ini bernama circumhorizontal arcs. Efek yang sama bisa dilihat pada sinar matahari tenggelam yang warna warni.

Saat itu, awan tipis membentuk banyak warna karena sudut rendah matahari merefleksikan dan melenturkan sinar. Sehingga terciptalah warna merah, oranye dan ungu yang jelas.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Internasional

Advertisement
To Top