Connect with us

Resep Kue Kembang Seruni Asli Makassar

Resep Kue Kembang Seruni Asli Makassar

Kuliner

Resep Kue Kembang Seruni Asli Makassar

RANCAH POSTResep kue kembang seruni asli Makassar. Kue kembang seruni merupakan salah satu kue tradisional yangb berasal dari Makassar. Dinamai kembang seruni sebab tampilannya yang serupa dengan bunga seruni atau biasa dipanggil juga dengan bunga krisan.

Cara membuatnya pun dengan cara dicubit cubit memakai ujung jari jempol dan juga telunjuk sampai membentuk kelopak seruni. Kue ini memiliki cita rasa gurih karena diolah dengan menggunakan santan. Tentunya akan membuat kue ini semakin istimewa dan menarik untuk dicoba.

Untuk menikmati  keistimewaan kue ini, Anda tidak perlu repot-repot datang ke makassar karena tentunya Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Kali ini kami akan membagikan resep kue kembang seruni asli makassar yang tentunya sangat khas dan praktis. Berikut resepnya untuk Anda.

Resep Kue Kembang Seruni

Bahan kulit
300 gram tepung ketan
3 sdt gula pasir halus
1/2 sdt garam
200 ml santan encer yang sudah dipanaskan hingga hampir mendidih
pewarna makanan
daun pisang untuk alas kue, dipotong kotak
minyak untuk mengoles daun

Bahan isi
2 buah kentang ukuran besar, kukus kemudian haluskan
50 gram gula pasir
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan
1 sdm minyak

Bahan saus santan
500 ml santan kental
3 sdm terigu
125 gram gula pasir
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat
Panaskan kukusan diatas api sedang. Di dalam wadah campurkan tepung ketan, gula, dan juga garam kemudian aduk rata. Tuangkan santan panas sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung. Air santan tak harus habis seluruhnya.
Bagi adonan ke dalam tiga bagian kemudian beri pewarna. Pewarna dapat Anda pilih sesuai selera.
Pipihkan adonan dan tambahkan isian kentang yang telah diaduk hingga kalis dan dibentuk bulat kecil. kemudian rapatkan dan bentuk bulat. Hiasi permukaan kue yang berbentuk kembang seruni memakai pinset atau penjepit bergerigi. Jepit mulai dari arah tengah sampai ke luar.
Beri alas daun pisang yang telah dioles minyak serta kukus selama kurang lebih 10 menit. Tiap 2 menit kukusan dibuka supaya kue tidak menggembung yang akan mengakibatkan hasil akhirnya menjadi meleber.

Nah, bagaimana, mudah bukan? Sajikan kue ini lengkap dengan saus santan yang diolah dengan mencampurkan semua bahan saus yang didihkan sampai meletup-letup. Sajikan kue ini sebagai teman untuk bersantai Anda bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!
Angkat dan sajikan dengan sausnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top