Connect with us

Resep Soto Bongko Khas Sumedang

Resep Soto Bongko Khas Sumedang

Kuliner

Resep Soto Bongko Khas Sumedang

RANCAH POST Resep soto bongko khas Sumedang. Kuliner Indonesia memang tidak akan pernah habis dan juga bosan untuk di bahas. Banyak kuliner yang tentunya masih sedikit orang yang mengetahuinya. Namun bukan berarti makanan yang tidak banyak orang yang tahu tersebut memiliki cita rasa yang biasa saja. Justru makanan tersebut sangat lezat dan tentunya menarik untuk diketahui.

Jika kita mendengar kota Sumedang, tentu kita akan teringat dengan salah satu makanan khasnya yaitu tahu sumedang. Namun siapa sangka ternyata kota sumedang juga mempunyai kuliner yang khas yakni soto bongko khas sumedang. Mungkin terdengar asing bagi sebagian dari Anda, tetapi makanan ini juga tidak kalah lezatnya dengan makanan yang mungkin sudah banyak orang yang mengenalnya.

Soto khas sumedang ini memiliki kemiripan dengan soto betawi karena bahannya yang menggunakan santan. Namun jika soto betawi umumnya terbuat dari bahan dasar daging sapi, soto bongko ini dibuat dengan bahan dasar ayam seperti sayap ayam dan juga kepala ayam. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut resep soto bongko khas sumedang khusus untuk Anda.

Resep Soto Bongko

Bahan-bahan
5 buah kepala ayam
5 buah sayap ayam, potong menjadi dua bagian
700 ml santan encer
500 ml santan kental
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
1 batang serai, memarkan
4 sdt garam
3 sdt gula
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
4 siung bawang putih
10 buah bawang merah
4 butir kemiri
2 buah cabai merah
3 buah cabai keriting
2 cm lengkuas
1 cm ruas jahe
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt jintan

Cara membuat
Tumis bumbu halus sampai berbau harum. tambahkan daun salam, daun jeruk, dan juga serai sampai bumbu matang. Rebus kepala ayam dan juga sayap ayam dengan menggunakan 200 ml air. Masak sampai sayap dan kepala ayam agak matang. Tambahkan bumbu tumisan lalu masukkan santan encer, garam dan juga gula pasir. Masak sampai ayam matang. Tambahkan santan kental. Aduk sampai tercampur dan aduk terus supaya santan tidak pecah dan juga matang.

Itulah resep soto bongko khas sumedang yang tentunya khas dan menarik untuk Anda coba. Sajikan soto bongko khas sumedang ini dengan tambahan bawang goreng, telur rebus, taoge dan juga kerupuk. Selamat mencoba!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top