Connect with us

7 Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

7 Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

Kesehatan

7 Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

RANCAH POSTManfaat Kedelai Untuk Kesehatan. Kita selalu mengatakan jika kedelai bisa digunakan sebagai pengganti daging untuk mereka yang merupakan vegetarian. Kedelai adalah sumber nutrisi dan Anda dapat memperoleh khasiat kesehatan dari berbagai produk yang dibuat dari kedelai misalnya susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan juga tepung.

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang sering ditemukan di Asia Timur. Mereka digolongkan sebagai biji minyak. Kedelai disebut sebagai protein lengkap sebab memiliki kandungan jumlah asam amino esensial. Khasiat kedelai dijumpai pada negara-negara misalnya China dan juga Jepang, di mana masyarakatnya memiliki resiko kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan juga kelenjar prostat.

Berikut ini beberapa khasiat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari kedelai.

Antioksidan
Kedelai memiliki kandungan senyawa yang dipanggil sebagai isoflavon, di mana sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini juga bertanggung jawab dalam memperbaiki sel dan juga mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh polusi, sinar matahari dan juga proses tubuh yang normal.

Mengurangi resiko penyakit jantung
Protein dan juga isoflavon hadir di dalam kedelai, membantu untuk mengurangi Kolesterol jahat dan juga penurunan pembekuan darah. Hal ini mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan juga stroke. Penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan 25 gram protein kedelai dalam waktu sembilan minggu menyebabkan penurunan 5% kolesterol jahat.

Mencegah kanker
Isoflavon memiliki peran sebagai agen antikanker yang menyerang sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker yang menyerang rahim, prostat, dan juga payudara.

Membalikkan efek endometriosis
Kedelai membantu Anda untuk menunda aksi estrogen alami dalam tubuh, yang memiliki tanggung jawab untuk mengurangi dan juga mencegah rasa sakit selama periode menstruasi dan juga gejala lainnya yang terjadi pada wanita.

Mencegah osteoporosis
Protein yang dimiliki kedelai membantu proses penyerapan yang lebih bagus untuk kalsium di dalam tulang. Isoflavon yang ada di dalam makanan kedelai berguna untuk memperlambat kehilangan tulang dan juga menghambat kerusakan tulang yang dapat mencegah osteoporosis.

Mengatasi gejala menopause
Kandungan isoflavon yang ada di dalam kedelai dapat membantu untuk mengatur hormon estrogen. Penelitian telah menunjukan bahwa isoflavon kedelai mampu mengurangi rasa panas di badan yang terjadi pada wanita menopause.

Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal
Protein dan juga serat yang larut di dalam kedelai, akan mengatur kadar glukosa dalam darah dan juga filtrasi ginjal, dengan begitu, maka akan mengendalikan diabetes dan juga penyakit ginjal.

Itulah beberapa manfaat kedelai untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top