Connect with us

Berita Ciamis: Ini Kata Budayawan Soal Kesenian Ronggeng Gunung

Ronggeng Gunung

Berita Ciamis

Berita Ciamis: Ini Kata Budayawan Soal Kesenian Ronggeng Gunung

BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Berdasarkan catatan Balai Pelestarian Budaya Provinsi Jawa Barat, kesenian Ronggeng Gunung adalah kesenian yang berasal dari Kabupaten Ciamis, bukan dari Kabupaten Pangandaran.

Bukan itu saja, adanya maestro Ronggeng Gunung dan sanggar kesenian Ronggeng Gunung di Banjarsari, Ciamis, yang telah diakui pemerintah pusat dan provinsi membuktikan bahwa kesenian Ronggeng Gunung berasal dari Kabupaten Ciamis.

“Kesenian Ronggeng Gunung itu milik Kabupaten Ciamis, tak bisa diakui oleh daerah lain,” kata Aip Sapirudin, Budayawan Ciamis, Kamis (27/8).

Lanjut Aip, bila Kabupaten Pangandaran merasa memiliki kesenian Ronggeng Gunung ini, baiknya antara Pangandaran dan Ciamis sama-sama mengembangkan kesenian ini tanpa mengurusi kepemilikan Ronggeng Gunung berasal.

“Kalau ingin mengakui Ronggeng Gunung berasal dari Pangandaran, nanti dulu. Harus diingat Pangandaran itu bagian dari Ciamis (Galuh),” ujarnya.

Aip pun menjelaskan, agar kesenian Ronggeng Gunung ini tidak sembarangan diakui oleh daerah lain, pemerintah harusnya memfasilitasi adanya pementasan kesenian ini agar lebih familiar dengan masyarakat Ciamis.

“Jangan sampai pewaris kesenian ini lebih memilih daerah lain untuk mengembangkan tarian ini,” tukasnya.

Sumber Sindo
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Ciamis

Advertisement
Advertisement
To Top