Connect with us

Berita Terkini: Dirancang Sejak Zaman Belanda, Waduk Jatigede Kini Mulai Digenangi Air

Waduk Jatigede Sumedang

Berita Nasional

Berita Terkini: Dirancang Sejak Zaman Belanda, Waduk Jatigede Kini Mulai Digenangi Air

Berita Terkini, RANCAH POST – Pengoptimalan waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat akan mulai dilaksanakan pada hari ini, Senin (31/08/2015). Proyek waduk tersebut dirancang untuk mengantisipasi kekeringan dan banjir di daerah Sumedang, Majalengka dan Indramayu.

Menurut laman Tribunnews, Basuki Hadimuljono selaku dari pihak PUPR (Pekerjaan Umumdan Perumahan Rakyat) katakan, “Dengan ridho Allah, mudah-mudahan penggenangan bisa sukses, bisa terwujud berkat doa-doa bapak-bapak senior kita,” Minggu (30/08/2015).

Ia mengaku sangat emosional karena hasil kerja keras pemerintah sejak zaman Indonesia baru merdeka dulu baru bisa terwujud hari ini.

Malam sebelum waduk Jatigede digenangi air, hampir seluruh pejabat pemerintah hadir di kota Cirebon. Mereka menggelar temu silaturahmi dan jamuan makan malam menjelang momen besar yang telah lama dinantikan tersebut, karena seperti diketahui proyek ini selalu terhambat akibat para penduduk sengaja membangun rumah di tempat yang akan digenangi air.

Perlu diketahui, nilai investasi Waduk Jatigede yaitu sebesar USD467 juta atau Rp4,6 triliun. Waduk ini telah mulai direncanakan sejak zaman Hindia Belanda dahulu. Saat itu, Pemerintah merencanakan proyek 3 waduk jumbo sepanjang aliran Sungai Cimanuk.

Pembangunan 3 waduk itu selalu mendapatkan tentangan dari masyarakat sekitar, sehingga proyek ini selalu dibatalkan. Baru pada tahun 1990-an, proyek pembangunan waduk Jatigede kembali mencuat. Langkah pertama yang dilaksanakan oleh pemerintah yaitu merelokasi warga yang tinggal di area yang akan digenangi. Relokasi pertama dilaksanakan pada tahun 1982.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
To Top