Bayi Bermata Satu Bak ‘Cyclops’ Lahir di Mesir

Bayi Cyclops
Bayi Cyclops

RANCAH POST – Seorang bayi yang hanya memiliki satu mata dikabarkan telah lahir di El Senbellawein, Mesir. Bayi tersebut mengidap Cyclopia atau Cyclops, yaitu kelainan langka yang namanya dicatut dari seorang raksasa mata satu dalam mitos Yunani.

Cyclopia dikatakan merupakan kelainan paling langka yang dialami oleh bayi yang baru lahir. Biasanya, bayi dengan kondisi seperti demikian langsung meninggal pasca dilahirkan.

Keadaan satu mata dan tidak mempunyai hidung disebabkan oleh kantong mata yang tak terbentuk secara sempurna semasa bayi berada dalam kandungan. Sebagian besar bayi yang mengalami kelainan seperti ini juga mempunyai kelaian lain, seperti jantung yang tak terbentuk secara sempurna.

Menurut laman slaati.com, kelainan pada bayi Cyclops ini kemungkinan diakibatkan oleh paparan efek radiasi ketika bayi masih di dalam kandungan. Faktor lain seperti pemakaian obat-obatan ketika sang ibu mengandung juga diperkirakan mempengaruhi terjadinya kelainan tersebut.

Dr Ahmed Badruddin yang menangani bayi tersebut menjelaskan, ada sejumlah kelainan pada badan si bayi, sehingga diprediksi tidak akan mampu bertahan lama. Menurut laman Dailymail, Rabu (07/10/2015), gambar bayi itu beredar diduga disebarkan sendiri oleh keluarga bayi tersebut.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here