Connect with us

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Orang Dewasa

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Orang Dewasa

Kesehatan

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Orang Dewasa

RANCAH POSTTips meningkatkan nafsu makan pada orang dewasa. Hilangnya nafsu makan, ataupun nafsu makan yang menjadi turun, umumnya adalah sebuah gejala dari beberapa masalah lain yang lebih mendasar misalnya penyakit, kondisi psikologis tertentu, pola hidup, maupun disebabkan faktor usia.

Banyak hal yang dapat menjadi akibat turunnya nafsu makan pada seseorang. Sebut saja saat tengah mengkonsumsi obat atau sedang dalam proses pengobatan, kondisi emosional misalnya depresi ataupun kecemasan berlebihan, sampai merokok ataupun mengkonsumsi alkohol. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan.

Makanan penggugah selera
Sajikanlah makanan yang lebih atraktif dan memiliki aroma yang lebih menarik dari biasanya. Hal ini mampu menambah selera makan anda yang akan memperbaiki nafsu makan yang menjadi turun. Makanan yang enak di mata dan di hidung pastinya akan menggugah selera siapapun. Mintalah kepada anggota keluarga Anda untuk menghidangkan makanan yang menjadi favorit anda. Cobalah untuk menghindari minum sebelum maupun ketika tengah makan, sebab minum bisa menjadikan anda merasa kenyang dengan lebih cepat.

Bumbu makanan dan herbal
Nafsu makan juga mampu distimulasi dengan melalui bumbu atau herbal misalnya daun jahe, gingseng (tidak baik untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi), daun pepaya, dandelion, jeruk ataupun lemon, daun peppermint, temulawak, sampai daun alfalfa.

Multivitamin
Konsumsilah multivitamin yang berguna mengganti nutrisi yang hilang ketika nafsu makan Anda tengah turun. Asupan vitamin B juga bagus untuk merangsang nafsu makan Anda. Begitu pun dengan asupan zinc dan juga copper atau tembaga yang mampu membantu dalam mempertajam indera perasa anda. Seharusnya pakailah multivitamin sesudah berkonsultasi atau memperoleh izin dari dokter anda.

Aktifitas fisik
Berolahraga, ataupun ringan, mampu meningkatkan nafsu makan dengan cara yang efektif. Jalan santai, bersepeda, berenang, sampai yoga mampu memunculkan rasa lapar tanpa membakar kalori dengan cara berlebihan. Olahraga dapat membantu dalam penyerapan nutrisi dari makanan dan akan memancing rasa lapar anda, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan anda dengan cara yang pasti.

Apabila nafsu makan anda yang tidak bagus ada hubungannya dengan keadaan emosional misalnya depresi dan juga kecemasan berlebihan, konsultasikan masalah ini kepada tenaga medis profesional untuk memperoleh rekomendasi dan juga penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top