Connect with us

Fakta Tentang Serat Yang Anda Perlu Tahu!

Fakta Tentang Serat Yang Anda Perlu Tahu!

Kesehatan

Fakta Tentang Serat Yang Anda Perlu Tahu!

RANCAH POST Fakta tentang serat yang Anda perlu tahu. Ibumu mungkin telah menyuruh Anda untuk makan lebih banyak serat, dan sementara Anda memiliki gagasan tersendiri bahwa buah-buahan dan sayuran memiliki serat, Anda tidak 100% persen yakin tentang hal itu dan mengapa Anda membutuhkannya. Nah, hal inilah yang perlu Anda ketahui.

Seperti dikutip di dalam India Times, berikut ini beberapa fakta tentang serat yang Anda perlu tahu.

Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tubuh tidak cerna
Tubuh Anda akan memproses karbohidrat menjadi glukosa, yang digunakan untuk energi. Namun, serat terdiri dari karbohidrat kompleks sehingga tubuh tidak dapat mencerna mereka, sehingga mereka melewati sistem pencerna.

Serat memiliki 0 kalori dan tanpa nutrisi
Karena tubuh Anda tidak dapat mencerna serat, itu tidak menambah jumlah kalori atau asupan gizi di tubuh Anda.

Manfaat utama dari serat adalah bahwa itu membuat sistem pencernaan Anda sehat, mencegah sembelit dan perut kembung
Ketika Anda memiliki masalah denga sistem pencernaan, serat merupakan salah satu bahan yang sangat bagus untuk mengobati sistem pencernaan Anda.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 30 gram serat setiap hari.
Sebagian besar dari kita tidak mendapatkan banyak serat seperti yang kita butuhkan, jadi kita perlu meningkatkan asupan serat untuk tubuh kita.

Semakin tua Anda semakin banyak pula serat yang Anda butuhkan.
Sistem pencernaan Anda lunak dengan otot-otot yang membantu mendapatkan makanan yang Anda makan dari Point A ke Point B. Namun, seiring bertambahnya usia, otot-otot ini justru akan lebih lemah, sehingga sistem Anda membutuhkan lebih banyak serat untuk dapat mengolah makanan.

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya serat.
Beberapa sumber terkaya serat meliputi jagung, seledri, wortel, pisang, kacang polong, brokoli, apel, jeruk, pir, kacang-kacangan, lentil, alpukat, makanan gandum, beras merah, oatmeal dan almond.

Buah utuh lebih baik daripada jus buah setiap hari, karena ketika Anda minum jus Anda kehilangan kandungan serat
Bila Anda membuat jus, Anda cenderung tidak memakan semua ampasnya dan membuangnya, namun yang sebenarnya Anda telah membuang serat tersebut.  Secangkir jus apel misalnya, dibuat dengan sekitar 3 sampai 4 buah apel. Setiap apel mengandung sekitar 3,75 gram serat, sehingga 12-15 gram serat akan hilang.

Daging dan produk susu tidak memiliki serat
Daging, telur, susu dan produk susu lainnya tidak mengandung serat makanan sama sekali.

Makan banyak serat setiap hari juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
Ketika Anda mengkonsumsi serat, maka membutuhkan waktu untuk melewati sistem pencernaan Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda mungkin akan makan lebih sedikit pada waktu makan. Hal ini juga akan memiliki kepadatan energi yang lebih rendah, yang baik bagi orang-orang yang kelebihan berat badan, dan memperlambat penyerapan gula dari usus Anda. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak serat cenderung lebih langsing dibanding mereka yang tidak.

Itulah beberapa fakta tentang serat yang Anda perlu tahu. Semoga bermanfaat!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top