Connect with us

Resep Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo Khas Banyuwangi

Resep Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo Khas Banyuwangi

Kuliner

Resep Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo Khas Banyuwangi

RANCAH POST Resep ayam goreng penyet sambal ijo khas Banyuwangi. Siapa yang tidak menyukai dengan daging ayam. Dapat dipastikan, hampir semua orang sangat suka dengan daging ayam. Rasa daging yang gurih dan juga empuk, menjadikan ayam merupakan salah satu makanan favorit bagi semua orang dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Berbicara tentang daging ayam, kali ini kami akan membagikan salah satu resep terkenal dan melegenda yang memakai bahan dasar ayam. Resep ini sendiri merupakan resep khas dari salah satu kota yang berada di ujung timur pulau Jawa yaitu kota Banyuwangi. Dan resep ini adalah resep ayam penyet sambal ijo khas dari daerah sana.

Selain rasanya yang khas dan juga, sambal ijo yang dipakai untuk memenyet ayam juga amat khas. Rasanya yang sangat pedas bisa menjadikan sajian ayam penyet sambal ijo ini sangat menggugah selera. Apa sajakah bahan-bahannya dan bagaimana cara membuatnya? Berikut resepnya untuk Anda.

Resep Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo

Bahan-bahan
1 ekor ayam (potong menjadi 6 atau 8 sesuai selera)
2 batang serai (memarkan)
4 lembar daun jeruk
Kunyit 5 cm (haluskan)
5 siung bawang putih (haluskan)
1/2 sdt lada halus
1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
5 buah kemiri (haluskan)
Garam (secukupnya)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Bahan Sambal
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
10 cabe rawit hijau
Garam (secukupnya)

Cara Membuat
Masaklah daging ayam bersama dengan batang serai, daun jeruk serta bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Rebus sampai bumbu meresap dengan sangat baik. Apabila sudah, dinginkan kemudian goreng dengan menggunakan minyak yang panas. Goreng ayam sampai berwarna kuning agak cokelat. Sambil menunggu ayam menjadi matang, buatlah sambal ijonya.
Untuk membuat sambal ijonya, haluskan sambal dengan memakai cobek dan juga ulekan. Apabila sambal telah halus, siram sambal memakai sedikit minyak panas supaya rasanya menjadi lebih nikmat. Ketika ayam matang, angkat lalu tiriskan. Penyet ayam memakai sambal ijo. Masakanpun siap disajikan.

Itulah resep ayam goreng penyet sambal ijo yang tentunya sangat lezat dan nikmat. Cita rasa yang sangat pedas, tentunya akan menggungah selera makan Anda serta memanjakan lidah Anda. Apalagi dengan warna hijau yang berasal dari sambalnya, akan menimbulkan kesan segar di mata dan juga di lidah Anda. Selamat mencoba!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top