Connect with us

Pajang Animasi Unik, Google Doodle Peringati Hari Guru Nasional

Pajang Animasi Unik, Google Doodle Peringati Hari Guru Nasional

Google Doodle

Pajang Animasi Unik, Google Doodle Peringati Hari Guru Nasional

RANCAH POSTGoogle Doodle hari ini peringati Hari Guru Nasional. Seperti diketahui hari bersejarah tersebut jatuh tepat pada hari ini, Rabu (25/11/2015).

Jika Anda mengunjungi halaman muka Google hari ini, maka akan muncul gambar animasi bergerak Google Doodle yang menampilkan 2 tangan yang tengah menuliskan perhitungan matematika.

Di sekitarnya juga terdapat beberapa animasi bentuk bangun ruang, not musik, antariksa dan otak manusia. Hal tersebut sepertinya menggambarkan berbagai pelajaran yang telah diajarkan oleh guru.

Hari Guru Nasional sendiri diperingati bersamaan dengan ultah PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Peringatan ini tertuang dalam Keppres Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan oleh UU Nomor 14 Tahun 2005.

Sebelum Indonesia merdeka, para aktivis pendidikan di nusantara telah membuat sebuah organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tepatnya tahun 1912. Namun, pada tahun 1932 anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia).

Karena waktu itu Indonesia tengah dijajah Belanda, perubahan nama organisasi tersebut membuat Belanda takut semangat kebangsaan Indonesia terpancing, dan menimbulkan perlawanan yang lebih keras terhadap Pemerintah Hindia Belanda.

Pada masa penjajahan Jepang 1942-1945, PGI dimatikan. Barulah pasca Indonesia merdeka, organisasi ini kembali bangkit dan menghelat Kongres Guru Indonesia di Solo pada (24-25/11/1945).

Kongres itu juga memutuskan untuk mengganti nama PGI menjadi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Google Doodle

Advertisement
Advertisement
To Top