Connect with us

Plesetkan Kata Sampurasun, Ketua FPI Habib Rizieq Dilarang Masuk Jawa Barat

Plesetkan Kata Sampurasun, Ketua FPI Habib Rizieq Dilarang Masuk Jawa Barat

Berita Nasional

Plesetkan Kata Sampurasun, Ketua FPI Habib Rizieq Dilarang Masuk Jawa Barat

RANCAH POST – Berbagai aliansi masyarakat Sunda yang dimotori oleh Angkatan Muda Siliwangi Jawa Barat melaporkan Habib Rizieq ke Polda Jawa Barat karena dituding telah melecehkan budaya sunda. Habib diduga memplesetkan salam sunda sampurasun menjadi campur racun.

Menurut laman Antaranews.com, Noeriy Ispandi Firman selaku Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS) katakan, “Laporannya sudah dilayangkan kemarin. Ia memplesetkan sampurasun menjadi campur racun ketika diundang ceramah oleh Bupati Purwakarta beberapa waktu yang lalu.”

Ia juga mempertunjukan rekaman video berdurasi sekitar 40 detik yang memperlihatkan Habib Rizieq tengah berceramah kemudian memplesetkan salam sunda sampurasun menjadi campur racun. Atas insiden tersebut, ia juga menuntut agar Habib Rizieq meminta maaf kepada seluruh masyarakat Sunda.

Ini dia video saat Rizieq Shihab plesetkan salam sampurasun:

Firman tambahkan, “Kami sangat mengecam pimpinan Front Pembela Islam tersebut dengan melarang Habib Rizieq masuk ke Jawa Barat dan menuntut Habib Rizieq Shihab minta maaf secara terbuka. Itu tuntutan kami.”

Firman mengatakan, etnis sunda memang tak suka berkonflik namun saat diganggu dan diusik maka orang Sunda akan melawan, karena ‘Sampurasun’ bagi masyarakat sunda memiliki makna kehormatan dan merupakan sebuah doa.

Menurutnya, salam ‘Sampurasun’ juga merupakan identitas bangsa diantara keragaman budaya yang ada di Indonesia, sehingga jika diplesetkan maka secara tidak langsung melecehkan Bhineka Tunggal Ika.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top