Toyota Agya, Sama dengan Daihatsu Ayla?

Toyota Agya
Toyota Agya

RANCAH POST – Ada yang unik dari desain kendaraan besutan Toyota yang satu ini. Bila biasanya Toyota menelurkan kendaraan yang murni hasil kerja keras mereka sendiri. Kali ini, mereka berbagi porsi dengan Daihatsu guna menciptakan sebuah desain kendaraan mobil terbaru yang irit, gesit, dan nyaman untuk dikendarai.

Kedua perusahaan raksasa otomotif itu memang bekerjasama dalam membentuk atau mendesain kendaraan ini, sehingga kedua bendera diijinkan untuk memasarkan jenis kendaraan yang sama namun menggunakan penamaan yang berbeda. Jika Toyota menamakan kendaraan ini dengan nama Agya, maka pihak Daihatsu memberi nama Ayla kepada kendaraan tersebut.

Dipasok oleh Daihatsu?
Secara resmi, yang memasok kendaraan ini, adalah Daihatsu, jadi bisa dikatakan, pihak Toyota hanya memberikan penamaan yang baru saja. Menurut kabar, metode kerjasama yang dilakukan adalah konsinyasi dan perjanjian manufaktur OEM, yang sepertinya tidak perlu kita bahas lebih lanjut dalam artikel kali ini. Untuk penjualan di Indonesia pihak Toyota sebagaimana kita ketahui menggunakan nama Toyota Agya kepada kendaraan tersebut, yang artinya adalah ‘cepat’, yang diambil dari bahasa Sanskerta.

Sejak pertama kali dilepas ke pasaran pada akhir tahun 2013 silam, kendaraan ini cukup banyak menarik perhatian publik. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis kendaraan ‘kembar’ ini ada pada fasia depan, emblem, beragam fitur, dan juga varian yang ditawarkan oleh masing-masing produsen.

Keunggulan Agya
Tentunya semua kendaraan yang melaju dijalanan memiliki keunggulannya masing-masing. Demikian pula dengan mobil terbaru 2014 keluaran Toyota ini. Juga menawarkan beragam keunggulan yang bisa dinikmati oleh pengguna mobil ini.

Harga
Salah satu keunggulannya ini adalah harganya yang terjangkau. Toyota Agya termasuk kategori Low Cost and Green Car oleh pemerintah; artinya, kendaraan ini dipasarkan dengan harga yang cukup murah, apalagi jika kita bandingkan dengan Avanza, Xenia, atau Innova. Selain itu, mobil ini juga menganut konsep green car, yang ramah lingkungan.

Eksterior; Mobil ini dirancang dengan desain eksterior yang futuristik dan tampilan yang lebih agresif. Keberadaan head leveling device atau alat pengatur ketinggi lampu depan dan lampu sign tambahan di sebelah samping akan sangat membantu pengemudi. Selain itu, ornament grill depan, lampu kabut, stiker body mobil, sensor sudut, dan ornament knalpot semakin mempergagah tampilan mobil ini.

Interior; Di dalam mobil, selain fitur standar Anda juga akan menemukan sejumlah fitur menarik, seperti kontrol spion secara eletronik; Anda tidak perlu mengulurkan tangan atau bahkan keluar hanya untuk menyetel spion. Fitur lainnya adalah multi-information display, steering switch, cruise control, dan bahkan cigarette lighter.

Lega; Kapasitas jumlah penumpang yang dapat diangkut cukup banyak. Sehingga, masih bisa mengikuti program pemerintah agar tidak berkendara sendirian. Ruang kabin yang lega dan dilengkapi sejumlah fitur tambahan membuatnya cocok bagi keluarga.

Toyota Agya, Sama dengan Daihatsu Ayla?

Beberapa kelemahan
Tentunya tidak adil jika kita tidak melihat kelemahannya. Ada beberapa kelemahan, yang secara umum sebenarnya tidak begitu mengganggu, pertama Toyota Agya ini memiliki bobot yang ringan, sehingga jika dipacu bisa terasa goyang, dan yang kedua, mesin yang hanya 999cc, mengakibatkan tenaga yang dihasilkan tidak besar.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here