Penerimaan Peserta Didik Baru, Ratusan Sekolah Akan Terapkan PPDB Online

PPDB Online
PPDB Online

RANCAH POST – Dalam Penerimaan Pesera Didik Baru (PPDB) kali ini, sedikitnya 113 sekolah di Kabupaten Banyumas, akan menerapkan sistem PPDB online, baik untuk jenjang SMP maupun SMA/SMK.

Dikatakan Ari Kusyono, Kasubag Bina Program Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, jumlah sekolah yang menerima PPDB online tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 109 sekolah saja.

Dalam PPDB online ini, untuk jenjang SMP akan diikuti oleh 89 sekolah, 71 sekolah negeri dan 18 sekolah milik swasta. Sedangkan untuk tingkat SMA akan diikuti 15 sekolah, 14 SMA negeri dan 1 SMA swasta. Sementara itu, dalam PPDB online ini, sembilan SMK negeri juga akan ambil bagian dalam perekrutan siswa secara online ini.

“Kami masih memberikan kesempatan bagi sekolah, khususnya sekolah swasta yang ingin membuka atau menyelenggarakan PPDB online. Bahkan untuk pengajuan usulannya kami masih memberikan kesempatan hingga satu pekan menjelang pelaksanaan PPDB dimulai,” terang Ari.

Ari melanjutkan, pelaksanaan penerimaan siswa baru ini akan dilaksanakan pada 21-25 Juni untuk tingkat SMA/SMK. Sedangkan untuk tingkat SMP akan dimulai pada 28 Juni hingga 2 Juli 2016 mendatang.

Terpisah, M Ikhsan, Kadis Pendidikan Kota Surabaya, mennghimbau kepada orang tua peserta didik agar memilih sekolah negeri yang dekat dengan rumah mereka pada PPDB tersebut.

“Kualitas pendidikan tiap sekolah relatif hampir sama. Keuntungan memilih sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggal adalah waktu istirahat yang relatif lama. Bila jarak sekolah dan rumah jauh dan siswanya kelelahan, dikhawatirkan potensi akademik siswa tidak berkembang,” ucapnya.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here