Connect with us

Putra Asli Tasikmalaya Itu Kini Jadi Orang Nomor Satu di Polda Jabar

Putra Asli Tasikmalaya Itu Kini Jadi Orang Nomor Satu di Polda Jabar

Berita Jabar

Putra Asli Tasikmalaya Itu Kini Jadi Orang Nomor Satu di Polda Jabar

BERITA TASIKMALAYA, RANCAH POST – Jabatan Kapolda Jawa Barat bakal segera disandang Irjen Polisi Anton Charliyan. Anton yang lahir di Tasikmalaya, 29 November 1960, menggantikan Irjen Polisi Bambang Waskito yang ditugaskan menjadi Kapolda Sulut.

Anton Charliyan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulsel, digantikan oleh staf ahli Kapolri, Irjen Muktiono. Pemindahan tugas atau mutasi ini berdasarkan salinan Surat Telegram Kapolri yang ditandatangani Komjen Syafruddin selaku Wakapolri. “Benar,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus singkat saat dikonfirmasi, Selasa (13/12/2016).

Anton sendiri merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1984 dan pernah menjabat sebagai Kadiv Humas Polri tahun 2015 silam. Saat itu, Anton Charliyan menggantikan Ronny Franky Sompie. Kembalinya Anton ke Jawa Barat seolah pulang kandang dikarenakan putra asli Tasikmalaya Jawa Barat itu pernah bertugas sebagai Kapolwil Priangan tahun 2008 lalu.

Ditunjuknya Anton Charliyan sebagai Kapolda Jawa Barat disambut positif warga Kota Tasikmalaya. Tak aneh, Anton merupakan putra asli Kota Santri itu. Sebagaimana disebutkan AKBP (Purn) H Yono Kusyono, Ketua Purnawirawan Polri Polres Tasikmalaya Kota, ia mengaku bangga dengan Anton yang menjadi Kapolda Jabar.

Terlebih, ketika Anton duduk di bangkus SMA dan aktif di Pramuka, Yono pernah menjadi pembinanya. Yono memandang sosok Anton sebagai orang yang pintar, humoris, dan humanis. “Semoga sukses dan amanah di Jawa Barat, juga bisa menjaga kondusifitas,” kata Yono.

Yono pun menerangkan, semasa mengenyam pendidikan di SMA 1 Tasikmalaya, Anton Charliyan pernah meraih prestasi di kejuaraan nasional pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas. “Tanda sebagai calon pemimipin sudah terlihat pada dirinya dan ia pun sekarang menjadi orang yang sukses,” kata dia.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Jabar

Advertisement
To Top