Connect with us

Pengalaman Belanja di Shopee, Mudah Tapi Lama

Pengalaman Belanja di Shopee

Artikel & Opini

Pengalaman Belanja di Shopee, Mudah Tapi Lama

RANCAH POSTPengalaman belanja di Shopee, pengalaman pertama kali belanja online di sebuah marketplace lokal via ponsel. Kendati sempat dirundung rasa was-was karena lama, namun akhirnya bisa menghirup napas lega karena pesanan mendarat dengan selamat di alamat tujuan.

Shopee sendiri merupakan sebuah mobile-platform yang menawarkan jual beli online menyenangkan, gratis, dan terpercaya, dengan memanfaatkan smartphone. Berbelanja jadi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pengalaman belanja online pertama kali di Shopee adalah saat marketplace ini tengah menggelar promo ‘Midnight Mobilephone & Accessories Flash Sale‘, yang digelar pada tanggal 1 – 12 Desember, mulai pukul 00.00 – 02.00 WIB. Selama periode promo 12 hari berturut-turut, Shopee memberikan diskon lumayan besar untuk pembelian smartphone tertentu. Selain itu, Shopee juga ngasih diskon 50 persen untuk produk accessories tertentu selama periode promo yang dijual secara flash sale.

Berangkat dari promo Shopee tersebut, akhirnya tergiur untuk mencoba peruntungan belanja rebutan (flash sale) di Shopee. Di bawah sayup-sayup mata menahan kantuk, menunggu jam 12 malam untuk mengikuti rebutan barang murah. Berbuah manis dengan mendapatkan smartphone Xiaomi Redmi 4A yang dibanderol di bawah harga pasaran. Tentu siapa yang tidak senang, setelah rebutan dengan beribu bahkan berjuta netizen lain yang sama-sama menantikan harga miring ini.

Pengalaman Belanja di Shopee

Untuk prosesnya sendiri, pengalaman belanja di Shopee ini terbilang sangat mudah dan simple. Tinggal pilih produk yang diinginkan, klik beli sekarang, klik checkout, masukkan alamat dan klik lanjut opsi pengiriman, lanjut opsi pembayaran, pilih opsi pembayaran, lalu konfirmasi pesanan. Selesai. Jika memiliki kode kupon Shopee, Anda bisa juga memasukkan kode voucher diskon di shopping cart.

Setelah melakukan pesanan, tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran Shopee. Karena sistem sudah melakukan cek secara otomatis apabila pembayaran sudah masuk, meski saat ini hanya beberapa metode pembayaran saja yang bisa cek otomatis. Jikapun manual, cara konfirmasi pembayaran di Shopee tidak jauh berbeda dengan toko online lain yakni pembeli diwajibkan untuk mengisi formulir konfirmasi dan upload bukti pembayaran.

Juga, belanja di Shopee gratis ongkir via JNE Reguler untuk pembelian minimum Rp90.000 di semua toko yang bertanda ‘Free‘ selama periode promo 1 Desember 2016 hingga 31 Januari 2017. Beruntung, saat flash sale digelar kemarin, promo gratis ongkir sudah berlaku, sehingga tidak perlu lagi ada tambahan biaya ongkir.

Namun, ada titik dimana Shopee membuat pembeli kecewa. Respon yang diberikan layanan Shopee super lambat dalam menanggapi keluhan buyer, termasuk saat menanyakan status pesanan, butuh waktu minimal 24 jam untuk mendapatkan jawaban. Itupun harus menuju halaman Facebook, karena tidak ada fitur khusus untuk berinteraksi dengan Shopee.

Juga, pengalaman belanja online di Shopee.co.id kemarin sangatlah bikin merinding. Terlebih, banyak juga buyer-buyer yang belanjaannya dicancel akibat stok habis. Bahkan seller yang diikutkan ke dalam flash sale tersebut sama sekali tidak pernah merespon chat dari pembeli yang menanyakan status pesanan, padahal mereka online.

Pengiriman pesanan sangat molor dari waktu yang telah ditentukan, sehingga pembeli ‘dipaksa’ untuk memberikan garansi perpanjangan waktu proses pesanan agar tidak terbatalkan oleh sistem. Meski tidak perlu khawatir, Shopee mengklaim pengembalian dana dijamin oleh perusahaan.

Pengalaman Belanja di Shopee

Sebagai contoh, pesanan yang dibuat dan dibayar pada tanggal 6/12, baru dikirim pada tanggal 12/12, dan sampai ditujuan pada tanggal 15/12. Butuh waktu seminggu bagi salah satu penjual di Shopee untuk mengemas pesanan hingga pengiriman. Maka tidak salah bila banyak netizen menyebutkan belanja di Shopee lama!

Loading...
3 Comments

3 Comments

  1. daveriana

    May 24, 2017 at 3:49 pm

    kalo menurut aku yg lama bukan shopee nya tp sellernya, tp seller2 itu jual di marketplace lain juga jd belanja diluar shopee pun sama aja kalo belanjanya sama itu seller heheh

  2. YUYUN

    June 13, 2017 at 9:02 am

    Nyesel belanja di Shopee Estimasi pengiriman terlalu lama tidak sesuai tanggal yang di tentukan ( pesan dan pembayaran 9/6/17 estimasi pengiriman 12/6/17 namun blm ada respon resi /pengiriman lainnya, chat dengan si penjual pun dari pagi, siang, sore, malam via WA lagi namun belum terbaca, sengaja atau memang sibuk sekali mendapat banyak pesanan sehingga tidak bisa merespon, . Jika Penjual yang bener2 ada stock dia pasti segera mengirimkan barang jika ada, karena kita juga perlu perputaran uang untuk produk lainnya.. Kecewa banget dengan management Shopee yang kurang membantu menyelesaikan masalah ini, hanya memberikan respon kita untuk tanpa bosan chat penjual,barang masih proses pengemasan , lalu kapan pengirimannya. lalu apa gunanya kita belanja di shopee sebagai perantara, harapan kita shopee lebih follow up juga ke penjual agar pembeli tidak kecewa.rugi waktu, uang ribet belanjanya

  3. YUYUN

    June 13, 2017 at 9:05 am

    sampai tgl 13/6/17 saya belum dapat respon pengiriman, bahkan WA dengan penjual sampai sekrg blm di baca, sedangkan posisi dia online. cek status hanya sampai barang belum dikirim aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Artikel & Opini

Advertisement
Advertisement
To Top