Connect with us

DPP FPI Pusat Berubah Jadi Mabes Fitsa Hats, Ini Penjelasan Google

DPP FPI Pusat Berubah Jadi Mabes Fitsa Hats, Ini Penjelasan Google

Berita Nasional

DPP FPI Pusat Berubah Jadi Mabes Fitsa Hats, Ini Penjelasan Google

RANCAH POST – Ketika pengguna internet mencari alamat DPP FPI pada Google Maps beberapa waktu lalu, yang muncul justru tidak sebagaimana mestinya, bukannya DPP FPI Pusat melainkan Mabes Fitsa Hats. Perwakilan Google Indonesia kemudian memberikan penjelasannya.

Sebagaimana keterangan Google Indonesia, perubahan nama DPP FPI tersebut dikarenakan kumpulan data yang muncul pada Google Maps berasal tak hanya dari satu sumber. Hal ini tak lain lantaran pada basemap mereka nama jalan, tempat, dan nama lokasi lainnya merupakan kombinasi yang asalnya dari pihak ketiga, yaitu kontribusi pengguna dan sumber data publik.

“Hal ini secara keseluruhan memberikan data yang up to date dan komprehensif, tapi kita juga menyadari kemungkinan adanya ketidak akuratan data dari sumber-sumber itu,” demikian pernyataan Google Indonesia, Selasa (10/1/2017) kemarin.

Google sendiri sebetulnya kerap melakukan pembaharuan pada data mereka secara berkala yang salah satunya dengan cara menurunkan mobil Google ke jalan sehingga data mereka pun up date. Hanya saja hal ini memerlukan waktu yang memiliki variasi berbeda. Oleh karenanya Google memiliki alat (tool) yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mempercepat proses tersebut.

“Melalui ‘send feedback’ yang letaknya ada di pojok kiri bawah pada aplikasi Google Maps atau di pojok kanan bawah pada desktop, kami mendorong supaya pengguna melaporkan lokasi yang tidak akurat,” kata mereka.

Meski laporan pengguna tersebut membuat penamaan lokasi pada Google Maps menjadi lebih cepat, tak jarang hal ini malah disalah gunakan oleh user itu sendiri. Terutama bila banyak yang melaporkan nama tempat tertentu, maka sistem dengan cepat akan mengekspos dan membenarkan nama tempat atau lokasi itu.

Pihak Google Indonesia pun menduga bahwa perubahan DPP FPI Pusat menjadi Mabes Fitsa Hats itu lantaran lokasi itu tersebut di-report secara ramai-ramai sebagai Mabes Fitsa Hats.

“Dengan adanya kesalahan nama tempat yang muncul dan seharusnya tak terjadi, kami mohon maaf. Tim kami sudah bertindak untuk memperbaiki hal tersebut,” ujar mereka.

Sebelumnya, pada Google muncul keanehan ketika pengguna berusaha mencari alamat DPP FPI Pusat. Bukannya muncul nama DPP FPI, yang ada malah Mabes Fitsa Hats. Namun demikian alamatnya masih tetap sama, yaitu di Jalan Petamburan III Nomor 3, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
To Top