Connect with us

Resep Bakpia isi Kacang Hijau Enak Praktis

Resep Bakpia isi Kacang Hijau Enak Praktis

Kuliner

Resep Bakpia isi Kacang Hijau Enak Praktis

RANCAH POST – Resep bakpia. Kue bakpia merupakan jenis kue kering dengan bahan isi didalamnya yang mempunyai rasa bermacam-macam. Kue bakpia sendiri mempunyai tekstur yang sangat lembut dan terlihat renyah.

Kue bakpia ini terbuat dari bahan utama tepung terigu yang dicampur dengan beberapa bahan lain seperti ragi, margarin, gula dan lain-lain, serta tambahan bahan-bahan isi di dalamnya yang menarik dan sesuai selera. Kue bakpia sendiri banyak macamnya, salah satunya resep bakpia keju susu.

Dan kali ini kami akan memberikan satu resep dari kue bakpia yakni resep bakpia kacang hijau yang sangat pamiliar dan banyak disukai. Resep selengkapnya simak berikut ini.

Resep Bakpia Kacang Hijau

Bahan-bahan :

125 gr tepung terigu
1 sdt ragi instan
20 gr margarin
25 gr gula pasir
65 ml air hangat
¼ sdt garam halus

Bahan isi bakpia :

125 gr kacang hijau, rebus sampai menjadi lunak dan haluskan
¼ sdt vanili bubuk
100 gr gula pasir
¼ sdt garam halus
2 sdt minyak sayur

Cara membuat :

Untuk membuat isi bakpia, campurkan semua bahan-bahan isi bakpia lalu masak sampai kalis dan kering dengan api yang kecil. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Kemudian bentuk bulat-bulat bahan isi bakpia dan pisahkan menjadi beberapa bagian.

Untuk membuat adonan bakpia, campurkan bahan-bahan utama seperti tepung terigu, ragi instan, dan juga gula pasir. Aduk hingga tercampur rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Tambahkan juga garam halus dan margarine kemudian uleni lagi sampai menjadi adonan yang sempurna. Tiriskan adonan bakpia kira-kira selama 45 menit dengan ditutupi kain lap yang basah. Tekan adona hingga mengempis dan diamkan lagi selama 30 menit. Setelah 30 menit, kempiskan adonan lalu bentuk bulat-bulat dan pisahkan menjadi beberapa bagian.

Masing-masing adonan bakpia yang sudah dibagi dan dibentuk diberikan isi dibagian tengahnya dan bentuk bulat pipih. lanjutkan sampai adonan habis. Selanjutnya, gunakan oven untuk memnggang kue dengan suhu 200°C selama kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, balikan posisi kuenya dan panggang lagi selama 5 menit. Jika sudah matang sempurna, angkat kue dan tiriskan. Dan kue bakpia isi kacang hijau pun siap untuk dihidangkan.

Nah moms, itu tadi resep bakpia kacang hijau yang nikmat. Gimana, resep yang mudah bukan? Kue ini cocok disajikan untuk camilan nonton tv atau saat santai bersama keluarga dan sahabat. Kalau nggak suka bakpia kering, moms juga bisa coba resep bakpia basah. Selamat mencoba.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top