Connect with us

Tidur Cukup Tapi saat Bangun Mata Sembab, Ini Penyebabnya

Tidur Cukup Tapi saat Bangun Mata Sembab, Ini Penyebabnya
Foto Ilustrasi (HEALTH)

Kesehatan

Tidur Cukup Tapi saat Bangun Mata Sembab, Ini Penyebabnya

RANCAH POST – Penyebab mata sembab. Sudah tidur cukup tapi pas bangun kok mata jadi agak sembab ya? Malam sebelumnya juga nggak nangis. Tapi kenapa pas bangun mata jadi kelihatan agak bengkak gini ya? Ladies, pernahkah kamu mengalami hal ini?

Umumnya penyebab mata sembab itu karena retensi cairan atau edema ringan yang masih tergolong normal dan tidak berbahaya. Namun ternyata ada alasan lain yang jadi penyebab mata bengkak pas bangun di pagi hari lho. Seperti empat penyebab mata sembab berikut ini yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuhmu ladies.

Kelebihan konsumsi garam

Kebanyakan mengonsumsi garam bisa menyebabkan edema atau pembengkakan didalam tubuh. Jika tubuh kelebihan garam dan kekurangan cairan, maka tubuh akan mengondisikan diri supaya terhindar dari dehidrasi, akibatnya mata jadi sembab.

Makanan olahan serta aneka makanan instan biasanya mengandung sodium atau garam yang tinggi. Kalau kita menyadari konsumsi garam kita berlebihan, imbangi dengan banyak-banyak minum air putih ya ladies.

Kekurangan protein

Kurangnya protein dalam darah yang bisa disebabkan oleh malnutrisi dan penyakit ginjal serta hati bisa menyebabkan pembengkakan pada tumbuh. Hal ini terjadi karena rendahnya albumin dalam darah. Padahal tugas albumin adalah untuk mengatasi kelebihan cairan didalam tubuh.

Fungsi ginjal tidak berjalan dengan baik

Mata sembab atau bengkak ketika bangun di pagi hari bisa jadi tanda penyakit ginjal ladies. Bagaimana bisa? Menurut Medical News Today, penyebabnya bisa jadi karena ginjal tidak bisa menghilangkan kandungan sodium didalam darah dengan baik. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kebanyakan sodium bisa menyebabkan edema. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik seperti menghilangkan albumin juga bisa jadi penyebab penumpukan cairan juga menyebabkan mata sembab.

Kebanyakan konsumsi karbohidrat

Kalau bangun tidur mata sembab, coba cek apakah sebelumnya kamu kebanyakan makan karbohidrat? Sebuah penelitian untuk National Institute of Health menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi bisa menyebabkan sekresi insulin serta retensi sodium berlebihan. Semakin banyak sodium yang ada dalam tubuh, semakin banyak pula  penumpukan cairan di dalamnya.

Itu tadi penyebab mata sembab terutama saat bangun tidur di pagi hari. Sebisa mungkin aturlah pola makan dengan baik dan jangan lupa istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement