Connect with us

Jadi Bandara Komersial, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Bisa Dipakai Mudik

Jadi Bandara Komersial, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Bisa Dipakai Mudik
Lanud Wiriadinata Tasikmalaya (NET)

Berita Jabar

Jadi Bandara Komersial, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Bisa Dipakai Mudik

BERITA TASIKMALAYA, RANCAH POST – Warga Tasikmalaya sepertinya bisa pulang kampung menggunakan pesawat pada lebaran 2017 mendatang. Ya, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya akhirnya resmi beroperasi menjadi bandara komersial.

Hanya saja pengoperasian Lanud Wiriadinata ini masih menunggu tanda tangan MoU antara Pemkot Tasikmalaya, TNI AU, dan Kementerian Perhubungan. Kadishub Kota Tasikmalaya, Aay Zaini Dahlan menuturkan, MoU itu sebenarnya sudah bisa ditanda tangani.

Hanya saja prosesnya terhambat dengan cuti kampanye yang dilakukan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman dan adanya perubahan pejabat di TNI AU dan Kemenhub.

“Sekarang sudah siap semuanya dan tinggal menunggu waktu pelaksanaan penandatanganan MoU itu. Pengelolaan bandara ini akan dilakukan pemerintah pusat melalui kemenhub. Targetnya pada mudik tahun ini sudah bisa digunakan,” ucap Aay.

Sebelumnya, Lanud Wiriadinata berhasil menjalani uji coba pendaratan pesawat jenis ATR 72-500 pada 17 Oktober 2016 silam. Dengan dioperasikannya lanud ini menjadi bandara komersial perjalanan Tasikmalaya-Jakarta hanya akan menempuh waktu 1 jam.

Dikatakan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, sudah tidak ada lagi kendala dalam pengoperasian Lanud Wiriadinata tersebut. “Kami berharap bandara ini bisa memberikan pelayanan perjalanan udara bagi masyarakat Tasikmalaya,” ujar dia.

Diberitakan Rancah Post sebelumnya, Lanud Wiriadinata di Cibeureum, Kota Tasikmalaya ditinjau oleh KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna terkait kesiapan landasan udara untuk dipersiapkan menjadi bandara komersial.

Kedatangan petinggi Angkatan Udara tersebut disambut oleh Budi Budiman selaku Wali Kota Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum selaku Bupati Tasikmalaya, serta Letkol Herdy Arif Budianto yang merupakan Danlanud Wiriadinata.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Jabar

Advertisement