Connect with us

Resep Risoles Ayam Mudah dan Praktis

Resep Risoles Ayam Mudah dan Praktis
Risoles Ayam (COOKPAD)

Kuliner

Resep Risoles Ayam Mudah dan Praktis

RANCAH POST – Resep risoles ayam. Gorengan merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Meskipun bisa menyebabkan kolesterol naik, tapi makanan ini tetap menjadi favorit.

Gorengan sendiri banyak jenisnya, mulai dari tahu isi, pisang goreng, risoles dan lain sebagainya. Ngomongin soal risoles, makanan yang satu ini juga banyak disukai. Selain itu, isi dari risoles ini sendiri juga banyak macamnya.

Nah moms, kali ini kami akan memberikan resep risoles ayam yang mudah dan praktis. Moms bisa coba buat ini dirumah dan bisa dijadikan untuk bekal anak sekolah. Tanpa basa basi lagi, langsung aja yuk simak resep lengkapnya berikut ini.

Resep Risoles Ayam

Bahan-bahan :

500 gram tepung terigu
1 liter susu cair
5 butir telur ayam
1 sdt garam
Minyak goreng/mentega secukupnya

Bahan isi :

350 gram daging ayam, haluskan
2 buah wortel, cincang halus
4 siung bawang merah, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
2 buah kentang rebus, potong kecil-kecil atau haluskan
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya
Gula pasir secukupnya
Margarin secukupnya

Bahan pelengkap :

300 gram tepung roti
1 butir telur ayam

Cara membuat kulit risoles :

Pertama, kocok telur dengan mixer bersama 1sdt garam. Lalu tambahkan susu cair ke dalam kocokan telur dan aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan telur dan susu. Aduk hingga tercampur rata lalu uleni sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi lebih licin. Tambahkan minyak atau mentega secukupnya ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata lalu uleni lagi. Setelah selesai diuleni, tutup adonan di dalam wadah yang tertutup plastik atau tutup menggunakan lap bersih. Diamkan selama beberapa menit agar adonan menjadi bakal kulit risoles yang enak. Setelah itu, panaskan wajan kemudian tuang sedikit demi sedikit adonan dan bentuk menjadi kulit risoles yang enak.

Cara membuat isi dan risoles :

Pertama, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Setelah harum, masukkan daging ayam, wortel dan juga kentang. Tambahkan garam, gula, kaldu ayam bubuk juga merica bubuk. Masak semua bahan hingga matang dan siap dijadikan sebagai isi risoles. Setelah matang, segera angkat lalu masukkan ke dalam kulit risoles. Cetak risoles seperti membuat lumpia atau dadar gulung. Celupkan risoles ke dalam telur yang sudah dikocok kemudian gulingkan ke atas tepung roti. Lakukan sampai adonan habis. Setelah itu, panaskan minyak dan goreng risoles hingga berwarna kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat risoles dan sajikan bersama cabai mentah, saus tomat, saus sambal atau saus mayonaise sesuai selera. Risoles ayam pun siap untuk disantap.

Nah moms, itu tadi resep risoles ayam yang mah dan praktis. Benar-benar resep yangmudah bukan? Jika ingin varian lainnya, moms juga bisa coba resep risol isi daging mayonaise. Selamat mencoba.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top