Connect with us

Aneka Makanan Khas Ciamis Anu Rasana Edun Pisan, Nggak Nyoba Nyesel!

Makanan Khas Ciamis Anu Rasana Edun Pisan, Nggak Nyoba Nyesel
Makanan khas Ciami, Galendo. (ALAMPRIANGAN)

Kuliner

Aneka Makanan Khas Ciamis Anu Rasana Edun Pisan, Nggak Nyoba Nyesel!

RANCAH POST – Makanan khas Ciamis. Ciamis merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Tepatnya di bagian Tenggara Jawa Barat. Ciamis juga ternyata memiliki segudang kuliner yang khas.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh kabupaten Ciamis ini diantaranya adalah wisata, kerajinan, jajanan dan tentunya oleh-ole khas Ciamis Jawa Barat. Untuk kalian yang ingin berwisata ke Ciamis atau kebetulan sedang berada di Ciamis, ada beberapa makanan khasnya yang wajib dicoba.

Nah, buat yang penasaran sama makanan khas Ciamis Jawa Barat, berikut kami berikan daftarnya yang kalau dicoba bakal bikin kalian makin manis semanis orang Ciamis.

Makanan Khas Ciamis

Galendo

Makanan khas Ciamis galendo satu ini banyak disukai oleh masyarakat Jawa Barat khususnya bagi warga Ciamis sendiri. Dalam pengolahannya, galendo terbuat dari sari pati kelapa yang mengendap saat pengolahan minyak kelapa. Setelah itu diolah dengan sedemikian rupa hingga ankhirnya mempunyai rasa yang legit, manis, dan bikin ketagihan tentunya. Saat ini galendo sudah tersebar di seluruh kota di Jawa Barat dan memiliki berbagai macam varian.

Makanan Khas Ciamis Anu Rasana Edun Pisan, Nggak Nyoba Nyesel

Pindang Gunung Ciamis. (Foto: DiCiamis.com)

Pindang Gunung Ciamis

Pindang gunung ini merupakan makanan yang hampir serupa dengan sop ikan. Namun pindang gunung memiliki rasa yang berbeda karena campuran bumbunya yang khas. Makanan yang satu ini banyak dijumpai di wilayah Ciamis bagian Selatan, khususnya di daerah Pangandaran, Cimerak, Cijulang dan Parigi.

Aneka Kerupuk

Berbagai macam varian kerupuk ini banyak di jumpai di daerah Cikoneng, karena terdapat toko oleh-oleh khas Ciamis disana. Kabar baiknya, untuk kalian yang berada di luar kota Ciamis, nggak perlu khawatir kalau mau mencicipi aneka kerupuk dari Ciamis ini, karena pemasarannya sudah luas, diantaranya ke Tasikmalaya, Bandung, Jakarta dan Lampung.

Makanan Khas Ciamis Anu Rasana Edun Pisan, Nggak Nyoba Nyesel

Abon dan Dendeng Sapi

Abon dan dendeng sapi khas Ciamis ini sangat unik dan mempunyai cita rasa berbeda dari abon sapi lainnya sehingga banyak disukai. Tempat pembuatannya sendiri terdapat di Kabupaten Ciamis, namun pemasarannya sudah sampai ke Garut, Tasikmalaya, Jakarta dan Bandung.

Makanan Khas Ciamis Anu Rasana Edun Pisan, Nggak Nyoba Nyesel

Sale Pisang

Makanan yang satu ini mungkin sudah nggak asing lagi ya, tapi yang beda dari sale pisang khas Ciamis ini adalah dibuat dengan menggunakan bahan dasar cau ambon (pisang ambon) asli Ciamis. Kabarnya sale pisang ini juga sudah terkenal dan dijual ke manca negara. Sentra produksi dari sale pisang ini terletak di kecamatan Banjarsari, Padaherang, Lakbok dan Cijeungjing.

Gula Aren dan Gula Kelapa

Gula aren adalah gula merah yang terbuat dari air nira yang terdapat ppada buah aren yang banyak dibuat di kecamatan Panjalu, Tambaksari, Panumbangan, Cikoneng dan Langkaplancar.

Sedangkan gula kelapa adalah gula merah yang terbuat dari buah kelapa dan sentra pembuatannya terletak di kecamatan Cimerak, Lakbok, Sidamulih, Padaherang, Pangandaran dan Pamarican. Untuk daerah pemasarannya meliputi kota Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Jakarta dan Bandung.

Karena makanan khas Ciamis dan oleh-oleh itu sangat banyak, namun dapat ditemukan di satu tempat pusat oleh-oleh khas Ciamis, karena itu kami akan berikan beberapa daftar singkat makanan dan camilan khas Ciamis yang wajib dicoba.

Antara lain makanan khas Ciamis Saroja, Papais, Apem, Awug, Sale Gulung, Gaplek, Gatot, Ranginang, Combring, Opak, Sale Buleud, Sale SBY (sale suka senang), Cilok, Karedok, Kiripik Cau (pisang), Cuhcur, Basreng, Cocorot, Gerejeg, Sorabi, Surundeng Ayam, Ketan, Sampeu, Cimol, dan Dengdeng.

Nah, mungkin itu beberapa gambaran oleh-oleh khas dari kota Ciamis Manis yang bisa dijadikan referensi oleh-oleh jika kalian berkunjung ke kota Ciamis. Anda juga bisa mendapatkan semua makanan tersebut di toko oleh-oleh khas Ciamis.

Nu jelas, emameun Ciamis mah raraos sadayana oge, pokok namah endol-surendol.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top