Connect with us

Rasa Kantuk Menyerang di Jam Kerja, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Rasa Kantuk Menyerang di Jam Kerja, Ini Cara Mudah Mengatasinya
Foto Ilustrasi (HEALTH)

Kesehatan

Rasa Kantuk Menyerang di Jam Kerja, Ini Cara Mudah Mengatasinya

RANCAH POST – Cara mengatasi rasa kantuk di kantor. Ladies, kurangnya jam tidur di malam hari sering kali dijadikan alasan utama mengantuk saat jam kantor. Tapi apakah kamu yakin bisa melalui hari tanpa tertidur di meja kantor?

Rasa kantuk yang menyerang menyebabkan kamu susah untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap terjaga selama di kantor lho girls. Berikut merupakan cara mengatasi rasa kantuk di kantor yang bisa kamu lakukan.

Berjalan-jalan

Bangun dan dapatkan sedikit sinar matahari. Berjalan cepat di bawah cahaya terang bisa memompa darah dan energi. Hal tersebut menyebabkan sisa harimu jadi lebih mudah.

Ubah posisi duduk

Jika ladies merasa ingin tertidur, berusaha tetap sadar dengan duduk tegak bisa mengatasi rasa kantuk lho. Sebuah studi dari jurnal ‘Health Psychology’ menemukan bahwa postur bisa mempengaruhi tingkat energi. Orang-orang yang duduk tegak merasakan langsung lebih energik dan bersemangat daripada mereka yang duduk merosot ataupun membungkuk di meja mereka.

Basuh wajah dengan air dingin

Nggak ada yang lebih segar selain membasuh wajah dengan air dingin. Membasuh wajah dengan air dingin di kamar mandi ketika waktu istirahat bisa membebaskan tubuh dari rasa kantuk.

Olahraga

Studi menunjukkan bahwa olahraga bisa meningkatkan energi secara keseluruhan sepanjang hari. Olahraga di pagi hari lebih efektif meningkatkan energi serta mengurangi kelelahan di siang hari. Olahraga teratur juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik mengaktifkan bagian-bagian tertentu di otak yang dapat membuatmu tetap terjaga. Studi menunjukkan bahwa musik juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan cara tepat untuk menghilangkan kantuk. Coba untuk meminum kopi ataupun teh daripada meminum minuman berenergi. Tapi minum kopi dengan dosis yang ekstrim juga bisa berbahaya untuk kesehatan. So, minumlah dengan dosis yang tepat.

Makan sedikit gula

Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula akan membuatmu merasa lebih ngantuk dari sebelumnya. Jauhilah makanan yang manis dan cobalah untuk memilih makanan sehat seperti kacang-kacangan sebagai penggantinya

Ubah lokasi

Duduk di meja yang sama sepanjang hari jadi monoton dan terlalu nyaman sehingga membuatmu merasa ngantuk. Pergi ke dapur kantor atau ruang umum dan bekerja di sana selama beberapa jam. Lingkungan baru akan membangkitkan indera serta membuatmu tetap terjaga.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi rasa kantuk di kantor. Terlepas dari semua cara diatas, yang paling penting adalah cukupi kebutuhan tidurmu pada malam hari agar saat bangun tubuh terasa segar. Semoga bermanfaat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top