Mengingat Kembali Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Perkara yang Membatalkan Puasa
Perkara yang Membatalkan Puasa

RANCAH POST – Umat Muslim yang sedang melaksanakan puasa Ramadhan tentunya harus mengetahui hal-hal yang membatalkan puasa.

Tak hanya dalam puasa Ramadhan, dalam puasa sunnah sekalipun harus diketahui hal-hal yang membatalkan puasa agar puasa sempurna dan pahalanya tidak berkurang serta tentuanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dari pengertiannya, hal-hal yang membatalakan puasa adalah perkara atau hal-hal yang menyebabkan puasa kita menjadi batal dan menghilangkan pahala berpuasa.

Hal-hal yang membatalkan puasa Ramadhan ini harus diperhatikan juga agar puasa yang kita lakukan tidak sia-sia lantaran hanya sekedar menahan haus dan lapar saja.

Dirangkum Rancah Post dari berbagai sumber, perkara yang membatalkan puasa Ramadhan ini terdiri dari beberapa hal.

BACA JUGA: Masih Ingatkah dengan Niat Puasa Ramadhan?

Pertama, adanya benda yang masuk baik itu makanan atau minuman ke dalam mulut atau dari salah satu lubang pada anggota tubuh dengan sengaja yang mengakibatkan makanan atau benda itu masuk ke perut.

Kedua, muntah secara sengaja atau melakukan hal yang bisa menyebabkan muntah secara sengaja. Adapun orang yang muntah karena sakit atau tidak disengaja, maka itu tidak membatalkan puasa.

Ketiga, melakukan hubungan suami istri bagi yang sudah menikah di siang hari. Bila ada pasangan suami istri yang melakukan hubungan badan di siang hari ketika puasa Ramadhan, ia bisa dikatakan berdosa dan merusak amalan puasanya.

Keempat, haid atau menstruasi. Bila ada seorang perempuan tengah berpuasa kemudian dari kemaluannya keluar darah haid, maka puasanya menjadi batal.

Kelima, bersentuhan dengan lawan jenis sehingga keluar mani meski hubungan suami istri tidak dilakukan atau bisa juga dengan melakukan onani atau masturbasi.

Demikian pembahasan mengenai hal-hal yang membatalkan puasa. Semoga dalam puasa Ramadhan kali ini, kita diberikan kekuatan sehingga terhindar dari perkara yang membatalkan puasa.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here