Heboh Foto Sungai Pagarsih Berwarna Merah, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Sungai Pagarsih
Sungai Pagarsih

RANCAH POST – Seorang warga bernama Dadang Utun Sundawan dengan akun Instagram @mang_utun_dadang mengungggah foto yang kemudian viral di media sosial.

Dari foto yang diunggah itu terlihat jelas warna sungai yang berada di kawasan Pagarsih Bandung Jawa Barat, tepat di samping Pasar Ulekan, berubah menjadi warna merah.

Dadang, si pengunggah foto menyatakan, foto sungai Pagarsih berubah merah itu ia dapat dari seorang warga bernama Rudi yang mengirimkan foto itu kepadanya.

Rudi pun menjelaskan bahwa foto warna sungai Pagarsih merah itu diambil pada Januari 2017 silam. Warna air di sungai itu kerap berubah menginjak sore hari.

Hanya saja hingga sekarang, dirinya maupun warga yang lain belum menemukan lokasi pembuangan yang menyebabkan sungai Pagarsih tersebut warnanya berubah.

BACA JUGA: SALUT Polisi Ini Bantu Ibu Melahirkan Bayi Kembar di Pinggir Sungai

“Warna air sungai itu memang kadang berubah warna, adakalanya berwarna hijau, merah, dan kadang pula berwarna coklat,” terang Rudi, Senin (3/7/2017).

Adapun berdasarkan keterangan seorang pedagang yang berjualan di depan sungai, Soni, dirinya menyangkal kondisi sungai yang berubah warna dan viral di Instagram itu.

Kendati demikian, Soni tidak menampik bila perubahan warna air sungai Pagarsih itu kadang terjadi dikarenakan adanya pencemaran limbah.

“airnya kada kuning, biru, dan putih, saya juga tidak tahu dari mana asal limbah itu. Tapi kalau melihat warna merah seperti yang di foto itu, saya baru kali pertama melihatnya,” ujar Soni.

Sementara itu, dari penuturan Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung, Salman Fauzi, foto air sungai Pagarsih berwarna merah itu diambil Januari 2017 silam.

Saya tadi cek ke lapangan karena kalau betul ada kejadian seperti itu kaget juga. Kita ngobrol dengan warga setempat. Ada sekitar lima warga yang saya tanyakan kemarin itu (air sungai) enggak merah. Karena menurut pengakuan yang ngunggah foto itu kejadiannya Januari 2017.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here