Pengembang Game Mobile Legends Dituding Jiplak Karya Riot, Apa Saja Pelanggarannya?

Mobile Legend vs League of Legends
Mobile Legend vs League of Legends

RANCAH POST – Tentunya gamer dan warganet sudah pada kenal dengan game Mobile Legends, yang mungkin lebih menarik dengan berbagai meme yang menyertainya.

Beberapa meme dan guyonan terkait Mobile Legends ini kerap kali menyebutkan singkatan “ML” yang memang sering disalah artikan oleh publik.

Tapi kali ini bukan soal singkatan dari nama Mobile Legends maupun segudang meme Mobile Legends yang jadi pusat perhatian.

Melainkan gugatan yang dilontarkan Riot Game kepada Shanghai Moontoon Technology selaku pengembang dari game Mobile Legends tersebut.

Gugatan ini terkait pelanggaran hak cipta, yang diklaim Riot telah dilakukan Moontoon pada game Mobile Legends.

Riot sendiri adalah pengembang dari game League of Legends yang dirilis lebih dulu.

Riot mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta ini karena merasa menemukan cukup banyak kesamaan diantara kedua game.

Dan kesamaan atau tindak pelanggaran hak cipta ini sendiri tak tanggung-tangguh mencapai 7 pelanggaran.

Penasaran apa saja pelanggaran hak cipta yang dilakukan Moontoon pada ML terhadap Riot dengan LoL mereka? Berikut daftar lengkapnya.

1. Logo pada Judul Game

Logo League of Legends juga dikatakan dijiplak. Terlihat pada huruf awal dan akhir kata “Legends” di kedua game yang sangat identik.

Pengembang Game Mobile Legends Dituding Jiplak Karya Riot, Apa Saja Pelanggarannya?2. Banner

Bahkan banner “Victory” yang berasal dari game League of Legends diklaim Riot telah dijiplak oleh Moontoon dan dipasang di Mobile Legends.

Pengembang Game Mobile Legends Dituding Jiplak Karya Riot, Apa Saja Pelanggarannya?

3. Penjiplakan Desain Map

Desain Map di kedua game memang tampak sangat mirip. Bahkan ada beberapa konten dengan detail yang nyaris sama. Adapun bagian map yang sama adalah Summoner Rift.

4. Desain Minion

Riot mengaku menemukan ada banyak kesamaan pada minion di game Mobile Legends dan League of Legends. Diantaranya pada minion bertipe melee, caster, dan siege.

 

5. Desain Monster Unik

Beberapa desain monster unik di League of Legends juga diklaim telah dijiplak ke ML. Bahkan beberapa seperti Red Buff dikatakan telah dipindah mentah-mentah dan sangat mirip seperti aslinya di LoL.

6. Desain Nexus

Nexus adalah kristal besar berwarna merah dan biru yang disimpan di markas tiap pemain.Pengembang Game Mobile Legends Dituding Jiplak Karya Riot, Apa Saja Pelanggarannya?7. Karakter

Yap, peraktek penjiplakan ini bahkan merambat ke sektor karakter.

Meski tak sepenuhnya mirip, namun karakter Geren dari LoL tampak menginspirasi pembuatan karakter Image di ML, dan keduanya tampak persis.

Pengembang Game Mobile Legends Dituding Jiplak Karya Riot, Apa Saja Pelanggarannya?

Dengan demikian tak terlalu lancang, mengatakan bahwa Mobile Legends adalah versi remake dari League of Legends. Mungkin itu yang dipikir Riot Games saat ini.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here