Connect with us

Software

Asyik, WhatsApp Kini Bisa Kirim Berbagai Jenis File Dokumen

Published

on

WhatsApp Cetak 900 Juta Pengguna Aktif Bulanan
WhatsApp (WHATSAPP)

RANCAH POST – Sejak tahun lalu WhatsApp memungkinkan pengguna menyisipkan dokumen ke lawan chatting. Namun, jenis file terbatas pada format PDF.

Sudah setahun lamanya WhatsApp menggodok beberapa fitur baru. Bahkan sebagian sudah resmi dirilis dan bisa dinikmati pengguna saat ini.

Salah satunya adalah fitur berkirim dokumen dengan lawan chatting. Meski masih terbatas hanya pada format file PDF saja.

Kini fitur berkirim file tersebut telah lebih sempurna. Setelah melalui berbagai percobaan dan pengujian para insinyur WhatsApp, pengguna kini bisa berkirim file apapun yang meeka mau.

Sebut saja PDF, APK, ZIP, DOC, XLS, TXT dan beberapa jenis file populernya.

Bahkan di versi Android, pengguna akan bisa mengirim data dokumen virtual dengan format JPG melalui fitur kirim dokumen ini.

Mungkin bagi Anda fitur pengirim dokumen berformat JPG ini tak begitu penting karena sudah ada fitur mengirim gambar.

Namun perlu diketahui, bahwa saat Anda mengirim gambar di WhatsApp, maka file tersebut akan otomatis dikompres oleh sistem, agar si penerima tidak kesulitan mendapat dan melihat gambar yang sebelumnya memiliki ukuran besar.

Namun di fitur berbagi dokumen ini, file JPG yang dikirim akan diterima secara penuh, tanpa ada penurunan kualitas gambar.

Sayangnya, pengiriman dokumen ini dibatasi. Pad aversi Android dibatasi hingga 100MB saja. Sementara kabarnya, di iOS bisa menyisipkan data hingga 120GB.

Selain tambahan jenis file di berbagi dokumen, update baru WhatsApp ini juga menghadirkan interface baru pada pilihan untuk mengirim foto.

Jika sebelumnya kita harus masuk ke galery untuk mengirim foto, atau memilih melalui icon attachment, maka kini bisa lebih mudah.

Cukup klik icon kamera seperti ingin mengambil foto. Lalu geser layar atau swip ke atas, maka akan terbuka galeri. Keren kan?

Pengguna juga bisa memilih beberapa foto yang nantinya akan ditampilkan sebagai bundle foto yang mirip seperti kolase dari beberapa foto.

Update foto ini sendiri akan disebar secara bertahap, dimana pengguna hanya perlu memperbarui aplikasi mereka jika ingin menikmatinya.

Loading...
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
Advertisement