Cara Agar Android Tidak Lemot Tanpa Perlu Root atau Ini Itu

Mempercepat Kinerja Android
Mempercepat Kinerja Android

RANCAH POSTCara Agar Android Tidak Lemot. Meski mempercepat hp Android dengan cara Root sempat populer sebelumnya, kini mulai banyak pengguna yang enggan untuk melakukan rooting.

Pasalnya, mereka tak mau jika garansi ponsel hilang gegara maen root seenaknya, atau utak atik tanpa tahu ilmunya.

Alhasil, belakangan mulai banyak pengguna Android khususnya, yang mencari cara untuk membuat ponsel Android mereka tetap bisa berjalan lancar. Tanpa perlu main root ini root itu.

Lalu apakah cara mempercepat Android tanpa root ini beneran efektif dan bekerja sesuai harapan?

Mungkin bisa dibilang lumayan di beberapa ponsel, dan mungkin takkan bisa berjalan sesuai keinginan kita juga sih. Tapi yang pasti, setidaknya ada beberapa cara untuk meringankan kinerja smartphone Android.

Sehingga hp akan terasa lebih cepat dan tidak lemot lagi. Meski tanpa melakukan rooting.

Nah, lalu apa saja cara agar android tidak lemot tanpa di root? Berikut beberapa diantaranya.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Root

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hp Android Anda lemot atau kurang responsif. Beberapa berkaitan dengan hardware, seperti CPU yang digunakan, kapasitas RAM dan ROM, serta lain sebagainya.

Selain mengganti ponsel, rasanya tak ada cara untuk mengatasi masalah karena sebab ini. Soalnya belum ada smartphone yang komponennya bisa diganti sesuka hati.

Meski sempat ada isu mengenai ponsel modular, namun konsep modular yang benar-benar ditemukan di pasar memang berbeda. Misalnya seperti pada Motorola Moto Z series.

Atau konsep modular pada ponsel LG tahun lalu, yang sempat dianggap tidak terlalu sukses.

Tapi ada beberapa cara yang bisa kita aplikasikan, untuk sedikit mengurangi beban kinerja ponsel. Sehingga smartphone akan terasa lebih ringan.

Menghemat Penggunaan RAM

Mempercepat hp Android dengan menghemat pemakaian RAM mungkin bisa dibilang salah satu langkah paling utama dalam mengurangi beban kinerja ponsel.

Nah, berikut beberapa cara menghemat ram Android tanpa root.

1. Disable Aplikasi yang Tidak Dipakai

Biasnaya di ponsel atau tablet Android kita sering terdapat banyak aplikasi bawaan. Atau aplikasi yang kita unduh sendiri, namun bisa dibilang kurang sering dipakai.

Nah, untuk mengurangi pemakaian RAM berlebih, coba disable aplikasi yang tidak terlalu sering kita pakai. Toh nanti saat butuh masih bisa kita enable kok. Jadi gak perlu kuatir.

Caranya cukup mudah. Masuk ke menu Setting -> Apps/Aplikasi kemudian pilih aplikasi mana yang ingin di-disable, dan tekan tombol disable atau nonaktifkan.

2. Jangan Kebanyakan Pakai Widget dan Live Wallpapers

Banyak pengguna yang ingin hp Android mereka terlihat keren. Jadi mereka memakai berbagai wallpaper keren yang memuat animasi di dalamnya. Hal ini jelas membebani pemakaian RAM dan juga baterai.

Selain itu, pemakaian widget berlebih juga sangat berdampak. Karena fitur tersebut memang memangkas cukup bayak ruang pada Random Access Memory (RAM).

3. Jangan Gunakan Launcher Aneh-aneh

Yang dimaksud launcher aneh-aneh di sini adalah launcher yang memiliki berbagai fungsi tertentu, yang memangkas RAM. Seperti fungsi animasi dan banyak fungsi lainnya.

Lebih baik pakai saja launcher yang ringan, simpel dan tidak neko-neko. Karena semakin banyak fitur yang ada pada launcher, makin banyak juga resource yang diperlukan.

4. Jangan Pakai Banyak Aplikasi Sekaligus

Fungsi utama RAM adalah untuk membantu kinerja multitasking. Makin besar kapasitas RAM, makin baik kinerja multitasking di hp Android.

Namun perlu diperhatikan juga, kita sebagai pengguna juga perlu pengertian kepada spesifikasi hp kita. Terlebih jika ukuran RAM yang tersedia terbatas.

Jangan buka terlalu banyak aplikasi. Buang atau close aplikasi yang dirasa tidak sedang Anda perlukan. Dengan demikian kinerja RAM bisa lebih cepat.

5. Disable Animasi

Untuk mematikan atau menon-aktifkan animas di hp Android mungkin tak perlu jauh-jauh main root dan install ini itu. Tapi tidak bisa langsung dilakukan juga.

Karena untuk menikmati fitur ini, Anda harus lebih dahulu masuk ke mode developer. Baru matikan animasi pada menu Settings > Developer Options > Drawing > Turn Off. Coba saja.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android yang Mulai Lemot

Menghemat Memori Android

Tidak cuma cara mempercepat RAM Android yang perlu Anda pahami. Untuk bisa membuat hp Android tidak lemot, Anda juga perlu mengerti bagaimana menggunakan dan mengatur memori di hp Android Anda.

Mengapa hal ini penting? Karena pada dasarnya ruang memori yang penuh bisa menyebabkan ponsel Android Anda lemot.

Ada beberapa cara menghemat memori Android yang bisa Anda coba. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hapus Cache Android

Cara menghapus cache di hp Android benar-benar mudah kok. Cukup masuk ke menu Setting > Penyimpanan/storage. Kemudian akan muncul detail pemakaian memori internal di Android Anda pada panel tersebut.

Cari kolom cache, dan kemudian klik. Nanti akan ada notifikasi muncul. Klik clear all cache.

Cara ini bisa dikatakan sebagai yang paling mudah dan bisa sering Anda praktekan kapanpun.

2. Menghapus Aplikasi Tak Guna di Android

Untuk cara kedua ini mungkin memang mudah jika banyak aplikasi gak guna di hp Anda. Namun jika semua aplikasi diperliukan?

Nah untuk langkah ini, cukup uninstall aplikasi yang benar-benar tak diperlukan dan tak dipakai. Jika ada aplikasi yang mungkin ingin Anda gunakan sewaktu-waktu, cukup disable saja.

3. Hapus File tak Penting di Android

Untuk langkah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan. Yakni kapasitas memori internal. Jangan sampai Anda menyimpan terlalu banyak file gak guna yang akhirnya hanya memperlamban kinerja hp Android kesayangan.

4. Pindah aplikasi ke Memori Eksternal

Memindah beberapa aplikasi ke memori eksternal atau microSD mungkin bisa membantu menghemat ruang di memori internal.

Untuk langkah ini, bisa Anda lakukan melalui menu Setting > Apps. Kemudian pilih aplikasi yang akan dipindah, dan tekan tombol pindah ke kartu SD.

5. Gunakan MicroSD Class 10

Melanjutkan langkah sebelumnya. Agar aplikasi bisa berjalan optimal di microSD dan tak kembali membebani hp Android jadi lemot. Pastikan pakai microSD berkemampuan atau spek tinggi.

Misalnya microSD class 10 yang mampu menangani transfer data dengan kecepatan tinggi. Jadi takkan membuat hp Android tambah lemot.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mempercepat hp Android kesayangan Anda. Meski tampak sederhana, namun tips dan trik tersebut bisa membantu meningkatkan kinerja hp Android tanpa perlu main root dan hack.

Ingat, selain spesifikasi mumpuni. Perawatan smartphone yang baik dan benar juga sangat dianjurkan. Bukan cuma agar hp Android Anda awet, namun juga supaya kinerjanya maksimal. Jadi Anda tidak akan pusing karena hp Android lemot saat digunakan.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here