Microsoft Paint Bakal Dihabisi, Apakah Sudah Ada Penggantinya?

Microsoft Paint
Microsoft Paint

RANCAH POST – Generasi 90-an dan 2000-an pasinya kenal akrab dengan aplikasi edit foto dan gambar dari Microsoft, Paint. Menemani pengguna sejak zaman Windows 98, Windows XP, Vista dan sampai saat ini pada Windows 10 terbaru.

Meski menawarkan fitur terbatas, namun aplikasi ini bisa dikatakan cukup berguna.

Penggunaannya yang simpel, performa yang terbilang ringan karena tidak terlalu banyak fitur di dalamnya membuat aplikasi ini bisa digunakan oleh berbagai kalangan.

Ya, jika sekadar mengganti warna latar misalnya, menambahkan doodle, sedikit coretan. Atau mengubah ukuran gambar dan menyimpan gambar dalam format berbeda, rasanya aplikasi ini cukup berguna.

Namun ya namanya aplikasi lama, lama kelamaan pasti usang juga. Atau setidaknya dianggap usang.

Demikian juga dengan aplikasi Microsoft Paint ini, dimana kabarnya bakal segera memasuki status deprecated (tak lagi berlaku).

Hal ini akan terjadi seiring diluncurkannya beberapa pembaruan baru pada Windows 10.

Ini bukan kali pertama Microsoft membuat aplikasi bawaan mereka masuk status tak berlaku dan menghentikan dukungan, serta menghapus layanannya.

Bersama kehadiran Windows 10 sebelumnya, aplikasi browser Internet Explorer juga mengalami hal serupa.

Namun kala itu Microsoft menghadirkan Microsoft Edge sebagai browser pengganti.

Sayang, untuk Microsoft Paint ini masih belum jelas nasibnya. Apakah akan ada penggantinya atau tidak saat update Windows 10 baru dirilis.

Microsoft Paint sendiri saat ini diketahui masih memiliki cukup banyak pengguna.

Meski tidak selengkap Adobe Photoshop dan Corel Draw, namun fitur simpel yang ada di dalamnya masih banyak digunakan dan cukup bermanfaat, khususnya untuk kebutuhan editing yang simpel.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here