Connect with us

Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis Alias Boros

Cara Membuat Baterai HP Androd Agar Tidak Cepat Habis
Mengatasi Baterai Android yang Boros

Tips n Trik

Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis Alias Boros

RANCAH POSTCara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis – Ada berbagai masalah yang menghantui Android. Diakui atau tidak, hp Android memang selalu disertai masalah. Dan yang terparah serta bikin pusing adalah baterai yang cepat habis.

Meski tidak merata menghantam semua pengguna Android. Maslah ini terkadang tiba-tiba datang dengan berbagai alasan yang menyertainya. Entah itu error sistem, gagal update (ngupdate gak tau ada bug-nya) dan lain sebagainya.

Sehingga banyak pengguna yang mulai mempertanyakan, mengenai cara agar baterai Android todak boros dan cepat habis.

Bahkan aplikasi yang terpasang, cache dan cookies yang tertanam di ponsel Android saja bisa berpengaruh pada daya tahan dan konsumsi baterai.

Menyebalkan memang, sedang asyik-asyiknya bermain dengan ponsel kesayangan yang sebelumnya irit baterai tiba-tiba jadi boros.

Nah, lalu bagaimana cara membuat baterai hp awet kembali? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

Cara Membuat Baterai Android Tidak Cepat Habis Alias Tidak Boros

Ada berbagai cara mengatasi baterai Android yang cepat habis, khususnya dalam pemakaian normal. Bukan saat dipakai bermain game atau menjalankan aplikasi yang butuh daya lebih ya.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba agar baterai Android kembali awet.

1. Reboot hp Android

Pernah dicoba? Cara ini bisa berguna karena berbagai alasan. Misalnya karena penyebab baterai hp Android cepat habis adalah karena ada aplikasi yang berjalan diam-diam tanpa menampakkan diri.

Atau ada masalah lain seperti error ini itu yang biasanya akan bisa diatasi dengan reboot.

2. Update OS Android dan Software

Mengapa harus diupdate Android-nya? Pertanyaan yang mudah dijawab. Karena mungkin versi Android yang kamu gunakan saat ini menyimpan bug alias error.

Dengan memperbarui software ke versi terbaru yang disediakan perusahaan produsen, biasanya akan sedikit membantu mengatasi berbagai masalah. Seperti masalah baterai yang boros alias cepat habis ini.

Karena update software selalu disertai dengan perbaikan bug, untuk mengusir masalah di versi terdahulu.

Namun perlu diingat juga, bahwa update atau upgrade software tidak menjamin loh. Mahal bisa membuat masalah di hp Android makin banyak. Karena datang dengan membawa bug yang lebih banyak.

Untuk menghindari dan mengatasinya, sebaiknya periksa sejumlah forum atau tanya teman yang sudah pernah upgrade untuk meyakinkan tidak ada masalah. Atau tunggu versi stabilnya.

3. Update Aplikasi Android di Play Store

Mengapa harus? Karena aplikasi Android yang lawas atau sudah ketinggalan zaman, kadang bermasalah. Apalagi jika disandingkan dengan OS atau system yang baru diupdate.

Percuma kan pake Android Nougat terbaru kalo aplikasinya belum diupdate dari zaman KitKat. Ya pasti bikin hang lah, kasian si aplikasi jadi bingung sendiri, beda ama dulu katanya.

Intinya update aja aplikasi dan game ke versi terbaru semua. Dan jika ada aplikasi yang bukan berasal dari Play Store. Sebaiknya hapus aja. Takutnya ada malware ngikut.

 Cara Membuat Baterai HP Androd Agar Tidak Cepat Habis

4. Hapus Cache di HP Android

Menghapus Cache bisa saja membantu loh. Terus, cache itu sendiri buat apa sih?

Sebenernya cache ini adalah kumpulan data yang amat berfaedah. Dimana informasi yang terkumpul dari berbagai aplikasi dan kegiatanmu sehari-hari, yang bisa membantu di saat dibutuhkan.

Semisal data login, isian form di situs atau aplikasi tertentu, dan lain sebagainya. Tapi kalo udah kadaluarsa, buat apa juga coba?

Cara Membuat Baterai HP Androd Agar Tidak Cepat Habis

5. Bersihkan Data di Google Play Services

Apalagi ini? Ngoprekers pasti ngerti dah. Aplikasi ini berjalan di background dan amat berguna. Dan sangat penting, sehingga jangan sampai kamu hapus.

Tapi membersihkan datanya aman-aman saja kok, asal jangan nyesel kalo ada kejadian ngeselin. Yang pasti gak sampe bikin hp nge-hang.

Data berlebihan di Google Play Services kadang memang bisa bikin hp jadi lemot, dan tentunya menguras baterai. Jadi mending bersihkan saja jika dirasa perlu.

Cara Membuat Baterai HP Androd Agar Tidak Cepat Habis

6. Matikan Fitur yang Tidak Dipakai

Fitur seperti GPS, NFC, Bluetooth dan lain sebagainya itu jelas butuh kinerja sendiri loh. Yang juga butuh pasokan daya tersendiri, gak nyala karepnya tanpa baterai.

Jadi jika tidak dipakai, sebaiknya matikan saja. Toh tak ada gunanya terus mengaktifkan fitur yang tidak terpakai. Setidaknya bisa sedikit membantu menghemat baterai hp Android kamu.

Toh nanti juga bisa kamu nyalakan kembali disaat perlu.

BACA JUGA : 5 Smartphone Ini Cocok untuk Diajak Mudik, Baterai Gambot Signal Kenceng

7. Matikan WiFi Scanning

Ingat, cara ini bisa berbeda di OS berbeda seperti MIUI atau interface lain.

Lalu apakah cara ini bisa bikin baterai awet? Mungkin, karena fitur WiFi Scanning sendiri sejatinya tersembunyi. Dan ditempatkan di wilayah yang tak terjangkau.

Fitur ini bekerja secara background untuk mencari signal dan jaringan WiFi. Di OS Android tertentu, fitur ini dibuat aktif secara default.

Dan kadang gak ketahuan, ternyata nyedot banyak baterai. Coba matikan, dengan masuk ke menu Setting > Location. Siasanya ikuti apa kata gambar di bawah.

Itulah beberapa cara membuat baterai hp Android awet kembali, untuk kalian yang sebelumnya baterai hp-nya awet, tapi tiba-tiba boros karena berbagai alasan.

Dan untuk kamu yang baterai hp-nya sudah boros dari sananya, sebaiknya periksakan saja ke gerai tempat kamu beli itu hp, atau tanya temen jika cara menghemat baterai Android diatas tidak ngaruh.

Dan jika masih belum menemukan solusi juga, mungkin bisa kamu coba cara terakhir. Yakni ganti hp Android kamu dengan yang punya baterai lebih besar kapasitasnya, atau terkenal awetnya.

Dijamin cara mengatasi baterai android yang cepat habis satu ini benar-benar ampuh, jika tidak ada kendala menyertai.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips n Trik

Advertisement
Advertisement
To Top