Connect with us

Pelajar SMPN 4 Demak Alami Kelumpuhan Usai Jalani Imunisasi Campak dan Rubella

Pelajar SMPN 4 Demak Alami Kelumpuhan Usai Jalani Imunisasi Campak dan Rubella
Niken Angelia (DETIK)

Berita Nasional

Pelajar SMPN 4 Demak Alami Kelumpuhan Usai Jalani Imunisasi Campak dan Rubella

RANCAH POST – Niken Angelia, pelajar SMPN 4 Demak dikabarkan lumpuh usai menjalani vaksin MR atau imunisasi campak dan rubella yang dilaksanakan di sekolahnya.

Dikatakan Yuli Suryaningsih, sang ibu, anaknya dipastikan dalam keadaan sehat sebelum menjalani vaksin campak dan rubella.

Niken sendiri menjalani imunisasi campak dan rubella pada Rabu (2/8/2017) silam di sekolahnya bersama dengan ratusan siswa lainnya.

Namun usai menjalani imunisasi MR, Niken yang mengeluh pusin dan lemas kemudian dirawat di UKS. Tak hanya itu, di rumah Niken juga mengeluh tak bisa tidur lantaran merasakan sakit pada pinggang hingga kakinya.

“Kondisinya semakin memburuk dan dirawat di RSI NU Demak. Kemudian dirujuk ke RSUD Sunan Kalijaga dan dibawa ke RSUD Karyadi Semarang,” ujar Yuli.

Adapun berdasarkan keterangan Kepala SMPN 4 Demak, Mulyadi, imunisasi campak dan rubella yang dilakukan di sekolahnya ditangani oleh Puskesmas II Mulyorejo.

BACA JUGA: Ini yang Mengintai Anak Bila Tak Divaksin Rubella, Ibu Hamil pun Patut Waspada

“Setelah diimunisasi hanya ada dua orang siswa yang lemas dan pusing, Niken sendiri sama sekali tidak mengeluhkan apa-apa,” terang Mulyadi.

Satu hari setelah imunisasi campak dan rubella dilaksanakan, baru orangtua Niken mengirimkan surat yang menyatakan bahwa anaknya sakit.

“Sekolah dan puskesmas melakukan koordinasi dan menjenguk yang bersangkutan ke rumahnya. Lebih lanjutnya, Niken dirawat di rumah sakit,” kata Mulyadi.

“Apakah Niken mempunyai riwayat penyakit atau tidak, kami tidak mengetahuinya. Sebab, siswa kelas 7 baru beberapa bulan dan dalam pendataan tidak ada yang memiliki penyakit,” lanjut dia.

Terpisah, Ketua Pokja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Kabupaten Demak, dr Rini SpA membantah bila sakitnya Niken merupakan efek dari imunisasi campak dan rubella (MR).

Perlu diluruskan, sakitnya Niken bukan karena imunisasi, kami sudah melakukan pemeriksaan dan hasilnya sakitnya karena faktor lain yang kebetulan muncul setelah imunisasi.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
To Top