Connect with us

Tempat Wisata di Temanggung Yang Ramai Dikunjungi

Tempat Wisata di Temanggung Yang Ramai Dikunjungi
Sunrise Posong Kledung. (ESATO)

Travel

Tempat Wisata di Temanggung Yang Ramai Dikunjungi

RANCAH POST – Propinsi Jawa Tengah memiliki wilayah yang cukup luas dan terbagi menjadi beberapa Kabupaten yang salah satunya adalah Kabupaten Temanggung yang memiliki ibukota kabupaten di Kota Temanggung.

Kabupaten Temanggung sendiri letaknya berada di bagian tengah dari Propinsi Jawa Tengah dengan total luas wilayah kurang lebih 870 km² dengan dihuni penduduknya yang berjumlah total sekitar 708 ribu jiwa dengan kepadatan mencapai 800 jiwa per kilometer persegi.

Kabupaten Temanggung terdiri dari 20 kecamatan dan 266 kelurahan, selain itu dengan wilayahnya yang cukup luas ini maka secara geografis Kabupaten Temanggung didominasi oleh daerah dataran tinggi dan pegunungan yang merupakan bagian dari dataran tinggi Dieng dan memiliki dua gunung yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.

Kabupaten Temanggung sendiri menyimpan berbagai tempat menarik untuk Anda kunjungi, berikut ini ulasan selengkapnya.

Tempat Wisata di Temanggung

Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Temanggung adalah wisata alam hutan pinus dan Umbul Jumprit yang akan menyajikan panorama alam berupa hutan pinus yang sangat memukau.

Tempat Wisata di Temanggung Yang Ramai Dikunjungi

Hutan Pinus dan Umbul Jumprit. (Foto: Dok. Kopialastmg)

Selain itu Anda juga akan menemukan sebuah umbul dengan mata air yang alami, menurut legenda tempat ini merupakan tempat di mana Pangeran Singonegoro mengasingkan diri dari kepemimpinan Raden Patah.

Sunrise Posong Kledung

Tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Temanggung adalah Sunrise Posong Kledung yang merupakan sebuah dataran tinggi seperti halnya Dieng di Wonosobo, tempat ini memiliki ketinggian kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut di mana Anda bisa menyaksikan panorama sunrise atau matahari terbit dengan pemandangan gunung-gunung di sekitar Temanggung.

Hutan Walitis

Tempat wisata ketiga yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Walitis di mana di hutan ini Anda akan menemukan sebuah pohon raksasa dengan lingkar batang mencapai kurang lebih 7,5 meter dan tingginya sekitar 30 meter, pohon raksasa ini berada di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing, konon menurut legenda pohon raksasa ini berasal dari tongkat salah satu pengikut wali yakni Ki Ageng Malukuhan.

Pikatan Waterpark

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Pikatan Waterpark yang merupakan salah satu wisata keluarga favorit di Temanggung, di tempat wisata ini Anda akan menemukan kolam – kolam dan berbagai wahana permainan sepertpi waterboom, jembatan goyang, ember tumpah, flying fox, dan berbagai wahana permainan seru lainnya yang bisa Anda coba.

Curug Trocoh

Tempat wisata lainnya yang juga bisa Anda kunjungi di Temanggung adalah sebuah air terjun yang bernama Curug Trocoh yang mana curug ini menyajikan keindahan panorama alam yang masih sangat asri dengan udaranya yang sejuk karena berada di dataran tinggi.

Tempat Wisata di Temanggung Yang Ramai Dikunjungi

Curug Trocoh Temanggung. (Foto: Dok. Rizal066)

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka petualangan dan melakukan treking karena akses ke air terjun ini masih cukup sulit.

Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang sebagian besar wilayahnya berada di dataran tinggi sehingga memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
Advertisement
To Top