Connect with us

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri. (WIKI-WISATA)

Travel

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

RANCAH POST – Wonogiri merupakan salah satu wilayah yang masih termasuk dalam Propinsi Jawa Tengah, tepatnya lokasi dari wilayah Wonogiri ini berada di bagian tenggara dari Jawa Tengah.

Wonogiri berbatasan langsung dengan Yogyakarta di sebelah barat, Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar di sebelah utara, Propinsi Jawa Timur di sebelah timur, dan Samudera Hindia di sebelah selatan dengan total luas wilayah dari Kabupaten Wonogiri ini mencapai kurang lebih 1800 km².

Kabupaten Wonogiri yang memiliki pusat pemerintahan kabupaten di Kota Wonogiri ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 920 ribu jiwa dengan kepadatannya mencapai 500 jiwa per kilometer persegi.

Walaupun di kalangan wisatawan Kabupaten Wonogiri masih belum sepopuler di Yogyakarta, namun bukan berarti Wonogiri tidak memiliki tempat wisata menarik.

Ada banyak tempat wisata yang menarik sehingga bisa dijadikan destinasi wisata di Kota Wonogiri bagi Anda dan keluarga tercinta untuk mengisi waktu liburan, berikut ini ulasannya.

Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Salah satu tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata bagi Anda di Wonogiri yakni Air Terjun Binangun Watu Jadah yang memiliki lokasi agak tersembunyi sehingga masih jarang wisatawan yang berkunjung kemari.

Untuk menuju ke objek wisata air terjun ini maka Anda harus memiliki fisik yang kuat sebab Anda harus berjalan kaki kurang lebih selama satu jam untuk mencapainya.

Pantai Nampu

Tempat menarik berikutnya yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata di Wonogiri adalah Pantai Nampu yang mana pantai ini juga memiliki keindahan alamnya yang sangat eksotis dengan hamparan pasir putihnya serta batu karang yang akan membuat Anda begitu terlena.

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Pantai Nampu. (Foto: Dok. Brobali)

Akses jalan yang digunakan untuk dapat mencapai Pantai Nampu ini juga sudah baik sehingga Anda dapat menempuhnya dengan mobil.

Waduk Gajah Mungkur

Objek wisata ketiga yang bisa Anda kunjungi di Wonogiri adalah sebuah waduk yang bernama Waduk Gajah Mungkur yang mana waduk ini dibangun sekitar tahun 1970-an dan memiliki luas yang sangat besar yakni 8000 hektar.

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur. (Foto: Dok. Wikipedia)

Lokasi Waduk Gajah Mungkur sendiri cukup dekat dari pusat kota Wonogiri yakni hanya sekitar 3 km, di sini Anda akan disuguhi dengan panorama alam di sekitarnya yang indah.

Air Terjun Setren Girimanik

Tempat menarik keempat yang layak untuk Anda kunjungi sebagai destinasi wisata bagi Anda sekeluarga adalah air terjun Setren Girimanik.

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Air Terjun Setren Girimanik. (Foto: Dok. Panduanwisata)

Destinasi air terjun ini cukup populer di kalangan wisatawan sehingga akan selalu ramai dikunjungi terutama pada waktu musim liburan panjang, untuk mencapai lokasi ini maka Anda harus berkendara selama kurang lebih 40 menit dari pusat kota Wonogiri.

Goa Putri Kencono

Pada urutan kelima sekaligus yang terakhir kami ulas pada artikel ini adalah objek wisata alam Goa Putri Kencono yang sangat sesuai untuk dikunjungi bagi Anda yang merupakan seorang pecinta alam yang menyukai petualangan.

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Goa Putri Kencono. (Foto: Dok. Indonesiana)

Begitu Anda memasuki Goa Putri Kencono ini maka Anda dapat menyaksikan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya selain itu keindahan alam di sekitarnya sangatlah asri.

Walaupun belum sepopuler kota tetangganya yakni Yogyakarta, namun ternyata Wonogiri juga banyak menyimpan berbagai tempat menarik yang sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
To Top