Connect with us

Destinasi Wisata Menarik di Kabupaten Sragen

Waduk Kedung Ombo. (PAMUNGKAZ)

Travel

Destinasi Wisata Menarik di Kabupaten Sragen

RANCAH POST – Sragen merupakan sebuah wilayah yang memiliki bentuk Kabupaten yang masih termasuk dalam Propinsi Jawa Tengah, kabupaten ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Sragen dengan jarak sekitar 30 km arah timur dari Kota Surakarta.

Kabupaten Sragen berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi yang ada di Propinsi Jawa Timur di sebelah timur, Kabupaten Karanganyar di sebelah selatan, Kabupaten Boyolali di sebelah barat, serta Kabupaten Grobogan di sebelah Utara.

Kabupaten Sragen semdiri memiliki wilayah yang cukup luas yakni sekitar 940 km² dengan total jumlah populasinya mencapai kurang lebih 883 ribu jiwa.

Kabupaten yang diikenal juga dengan sebutan Bumi Sukowati ini juga merupakan tempat ditemukannya fosil manusia purba yang ada di wilayah Sangiran.

Selain itu Kabupaten Sragen juga memiliki banyak tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi bersama dengan teman atau keluarga tercinta sebagai destinasi wisata pada saat akhir pekan musim liburan tiba.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Destinasi Wisata di Kabupaten Sragen

Air Panas Bayanan

Salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Sragen adalah objek wisata Air Panas Bayanan yang juga sering disebut sebagai Hyang Tirto Nirmolo.

Pemandian air panas ini dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan berbagai jenis penyakit lainnya, di tempat ini juga disediakan taman rekreasi, hutan wisata, dan permainan anak.

Ganesha Technopark

Tempat menarik berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Sragen adalah Ganesha Technopark, sebuah wisata edukasi yang mana merupakan salah satu dari program pemerintah yang sengaja dibuat untuk membantu masyarakat dalam mengakses lembaga penelitian dengan membentuk suatu proyek R&D ataupun berbagai proyek lainnya dengan sistem profit sharing.

Museum Prasejarah Sangiran

Destinasi wisata berikutnya yang masih berada di Kabupaten Sragen adalah Museum Prasejarah Sangiran yang merupakan sebuah wisata edukasi yang sangat sesuai untuk Anda kunjungi bersama anak-anak Anda.

Destinasi Wisata Menarik di Kabupaten Sragen

Museum Prasejarah Sangiran. (Foto: Dok. NatGeo)

Di dalam museum ini maka Anda akan dapat menyaksikan fosil dari manusia prasejarah yang ditemukan di wilayah Sangiran yakni fosil Meganthropus Palaeojavanicus.

Taman Dayu Alam Asri

Tempat menarik keempat yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Sragen adalah objek wisata Taman Dayu Alam Asri yang mengusung konsep wisata edukasi sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Destinasi Wisata Menarik di Kabupaten Sragen

Taman Dayu Alam Asri. (Foto: Dok. DaftarTiket)

Di taman ini Anda juga akan menemukan sebuah mini zoo atau kebun binatang kecil yang memiliki berbagai macam koleksi hewan di dalamnya.

Waduk Kedung Ombo

Destinasi wisata kelima sekaligus terakhir yang kami ulas di Kabupaten Sragen adalah Waduk Kedung Ombo yang mana waduk berukuran raksasa ini sebenarnya berada di tiga kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Sragen, Grobogan, dan Boyolali.

Destinasi Wisata Menarik di Kabupaten Sragen

Waduk Kedung Ombo. (Foto: Dok. Pamungkaz)

Waduk Kedung Ombo juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang memiliki manfaat bagi masyarakat luas selain juga sebagai tempat wisata.

Meskipun kepopuleran tempat wisata yang ada di Kabupaten Sragen masih kalah dengan tetangganya yakni Jogja, namun Kabupaten Sragen juga memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
To Top