Connect with us

VIDEO Heboh Nasi Memantul Seperti Bola Diduga Mengandung Plastik, Ini Kata Ahli Pertanian IPB

VIDEO Heboh Nasi Memantul Seperti Bola Diduga Mengandung Plastik, Ini Kata Ahli Pertanian IPB
(FACEBOOK)

Berita Nasional

VIDEO Heboh Nasi Memantul Seperti Bola Diduga Mengandung Plastik, Ini Kata Ahli Pertanian IPB

RANCAH POST – Netizen dihebohkan dengan munculnya sebuah video dengan durasi sekitar 1 menit 37 detik yang memperlihatkan seorang wanita tengah membulatkan nasi menyerupai bola.

Usai membulatkan nasi tersebut, wanita itu kemudian melemparkannya ke atas meja. Nasi berbentuk bola itu pun terlihat memantul.

Dalam rekaman video itu disebutkan bahwa nasi yang memantul itu merupakan bukti bahwa itu nasi mengandung plastik.

“Oke, dan ternyata dia membel. Kalau nasi biasa itu lengket. Ternyata ini adalah nasi karet, nasi plastik,” demikian ujar wanita dalam video tersebut.

Masih dalam video nasi diduga mengandung plastik itu diperlihatkan pula asal nasi tersebut dibeli.  Nasi itu dibeli dari Rumah Makan Padang Mini Jaya yang berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim No.50, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Aksi Dua Wanita Ini Lempar Nasi ke Meja Jadi Buah Bibir Netizen, Emang Bener Itu Nasi Plastik?

Namun hal tersebut dibantah Kepala Pelayanan Rumah Makan Padang Mini Jaya, Ahmad Mauzi. Ia menolak adanya tudingan yang menyatakan bahwa nasi itu berasal dari beras plastik.

“Bisa kami buktikan kepada masyarakat bahwa selama ini kami tidak menggunakan beras sembarangan,” ujar Ahmad, di Rumah Makan Padang Mini Jaya, Jakarta, Rabu (23/8/2017) kemarin.

Ketika disinggung perihal nasi berbentuk bola yang bisa dipantulkan, Ahmad menerangkan bahwa hal itu terjadi karena zat pada beras itu sendiri.

Beras, baik beras merah atau beras putih, dikatakan Ahmad, mengandung zat bernama amilopektin. Bila kadar amilopektinnya tinggi, beras itu akan mengeluarkan gel sebagai penguat.

“Jadi kenapa nasi itu bisa dibentuk seperti bola karena ada zat amilopektin yang kalau dikepal akan mengeluarkan santan,” kata Ahmad.

Sementara itu, dari keterangan ahli pertanian IPB Dwi Andreas Santosa, bila diolah dengan pas, nasi dari beras tertentu bisa dibentuk seperti bola.

Kalau dia [nasi] lebih lembek, kalau kadar air pas dan bisa digumpal menjadi keras gitu, ya dilemparin ya bisa memantul lah.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
To Top