Connect with us

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi
Gunung Merbabu. (EXPLORE1NDONESIA)

Travel

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

RANCAH POST – Boyolali merupakan salah satu wilayah berbentuk kabupaten yang lokasinya masih berada di Propinsi Jawa Tengah dengan ibukota kabupatennya berada di Kota Boyolali.

Kabupaten Boyolali secara geografis berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang di sebelah utara, Kabupaten Sragen dan Karanganyar di sebelah timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten di sebelah selatan, serta Kabupaten Magelang di sebelah barat, selain itu Boyolali juga termasuk dalam kawasan Solo Raya.

Kabupaten Boyolali sendiri memiliki luas wilayah kurang lebih 1000 km² dengan total jumlah penduduk yang mendiami wilayah tersebut adalah sekitar 930 ribu jiwa.

Kabupaten Boyolali memiliki topografi wilayah yang dikelilingi oleh gunung-gunung di antaranya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang mana membuat Boyolali menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan sebagai destinasi wisata ketika liburan tiba.

Berikut ini akan kami ulas beberapa tempat wisata yang ada di Boyolali.

Tempat Wisata di Boyolali

Air Terjun Kedung Kayang

Salah satu tempat wisata menarik yang ada di Boyolali adalah wisata alam air terjun Kedung Kayang yang cukup populer di kalangan wisatawan sehingga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat akhir pekan dan liburan panjang.

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

Air terjun ini berada di antara dua gunung yakni Gunung Merapi dan Merbabu serta memiliki keindahan alam yang masih asri dengan udara yang sangat sejuk.

Umbul Pengging

Objek wisata berikutnya yang wajib Anda kunjungi di Boyolali adalah Umbul Pengging yang lokasinya berada di Kecamatan Banyudono dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit dari Kota Solo, objek wisata pemandian ini memiliki dasar kolam yang terdiri dari batu-batu halus yang dapat dengan jelas dilihat karena airnya yang jernih, tempat ini dulunya merupakan tempat pemandian keraton Solo.

Taman Air Tlatar

Objek wisata ketiga di Boyolali yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Air Tlatar yang lokasinya ada di Desa Kebonbimo yang jaraknya hanya sekitar 4 km arah utara dari pusat kota Boyolali.

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata ini sangat sesuai untuk Anda kunjungi bersama keluarga di waktu liburan karena di tempat ini terdapat berbagai macam wahana permainan yang seru dan mengasyikkan sehingga bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Gunung Merbabu

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Boyolali adalah sebuah wisata alam gunung yaitu Gunung Merbabu, jika Anda seorang pecinta alam yang gemar mendaki maka Anda wajib untuk mendaki Gunung Merbabu ini, di antara beberapa jalur pendakian yang ada maka jalur Selo merupakan jalur yang menyajikan panorama alam paling indah karena Anda akan melewati savana luas yang ditumbuhi edelweis.

Candi Lawang

Tempat wisata selanjutnya di Boyolali yang bisa Anda kunjungi adalah sebuah wisata sejarah yakni Candi Lawamg yang merupakan candi peninggalan Kerajaan Hindu yang dibangun pada sekitar abad kesembilan, candi yang berada di Kecamatan Cepogo ini menghadap ke arah barat dengan dikelilingi oleh batu-batuan yang berornamen yang disusun sedemikian rupa.

BACA JUGA:

Walaupaun tidak sepopuler Yogyakarta namun ternyata Boyolali juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang sangat sayang untuk Anda lewatkan jika berkesempatan mengunjunginya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
To Top