Connect with us

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi
Pantai Parmisan Nusakambangan. (MANGGAUL)

Travel

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

RANCAH POST – Nusakambangan merupakan sebuah wilayah yang berbentuk pulau yang masih termasuk dalam wilayah Propinsi Jawa Tengah, tepatnya berada dilepas pantai sebelah selatan Kota Cilacap.

Uniknya walaupun Pulau Nusakambangan secara geografis letak pulau ini sangat berdekatan dengan Kabupaten Cilacap, namun pulau ini tidak termasuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap tetapi dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM, selain itu pulau ini juga merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia.

Pulau Nusakambangan sendiri termasuk sebuah wilayah pulau yang memiliki sistem keamanan yang tinggi sebab di pulau inilah terletak beberapa Lembaga Pemasyarakatan yang dihuni oleh sejumlah narapidana dengan berbagai kasusnya.

Namun, meskipun di pulau ini terdapat lapas, Nusakambangan bukanlah pulau yang menyeramkan bagi wisatawan karena di pulau ini juga terdapat berbagai tempat menarik yang sangat layak untuk Anda kunjungi.

Sebagai destinasi wisata ketika liburan, berikut ini ulasan lengkap Pulau Nusakambangan.

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan

Pantai Permisan

Objek wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Pulau Nusakambangan adalah objek wisata pantai yang bernama Pantai Permisan di mana pantai ini menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona sehingga tidak kalah dengan pantai yang ada di Gunungkidul apalagi pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga keindahan alamnya masih terjaga dengan baik.

Pantai Karang Pandan

Destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Pulau Nusakambangan adalah sebuah pantai yang dikenal dengan nama Pantai Karang Pandan yang mana lokasi dari pantai ini berada di bagian timur dari Pulau Nusakambangan.

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

Pantai Karang Pandan. (Foto: Dok. Whiempy)

Pantai Karang Pandan memiliki pasir yang berwarna putih dan terasa lembut di kaki, di pantai ini pula pada saat-saat tertentu akan diadakan upacara adat larung sesaji yang terbuka untuk umum.

Benteng Karang Bolong

Destinasi wisata ketiga yang ada di Pulau Nusakambangan adalah Benteng Karang Bolong, bagi Anda yang menyukai wisata sejarah maka tempat ini wajib Anda kunjungi.

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

Benteng Karang Bolong. (Foto: Dok. WSPamungkas)

Benteng Karang Bolong sendiri merupakan sebuah benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1837, di tempat ini Anda dipersilahkan untuk memasuki benteng kuno ini dan menyusuri lorong-lorong yang ada di dalamnya.

Goa Ratu

Destinasi wisata keempat yang wajib Anda kunjungi adalah sebuah wisata alam berupa goa yang dikenal dengan nama Goa Ratu, lokasi goa ini tidak jauh dari Pelabuhan Sodong sehingga mudah untuk dicapai.

Di dalam goa ini Anda akan menemukan sebuah goa pasir yang kelihatan menyatu dengan tanaman – tanaman merambat di sekitarnya, selain itu goa ini juga dianggap keramat oleh penduduk lokal.

Kampung Laut

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah objek wisata Kampung Laut yang lokasinya berada di bagian selatan pulau, di sini Anda akan menemukan sebuah kecamatan yang wilayahnya cukup terpencil tidak jauh dari hutan bakau.

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

Kampung Laut. (Foto: Dok. YouTube)

Di sini Anda juga akan memukan beberapa goa yang di antaranya adalah Goa Pawon, Goa Payung, dan Goa Ronggeng yang lokasinya saling berdekatan.

Meskipun dikenal sebagai pulau tempat narapidana namun Pulau Nusakambangan juga dikenal memiliki berbagai tempat wisata menarik yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
To Top