Connect with us

Resep Sup Kambing Kuah Bening Lezat dan Sehat

Resep Sup Kambing Kuah Bening Lezat dan Sehat
Sup Kambing Kuah Bening. (YOUTUBE)

Kuliner

Resep Sup Kambing Kuah Bening Lezat dan Sehat

RANCAH POST – Lebaran Idul Adha akan segera tiba. Tentu saja sejumlah umat muslim akan berbondong-bondong untuk turut menjalankan ibadah dan untuk muslim yang mampu akan melaksanakan ibadah qurban.

Bagi muslim di Indonesia hewan yang paling umum untuk dijadikan hewan kurban adalah kambing dan sapi.

Tentu saja para ibu harus mampu sekreatif mungkin untuk mengolah daging qurban tersebut. Supaya tak membosankan serta tetap sehat terlebih daging kambing yang dikenal mengandung kolesterol tinggi.

Sejumlah olahan daging kebanyakan dimasak menggunakan kuah santan seperti gulai, atau pun rendang. Tetapi rupanya daging kambing juga bisa di olah tanpa menggunakan santan.

Berikut ini resep sup kambing kuah bening yang tentunya bisa menjadi salah satu menu andalan Anda ketika lebaran Idul Adha nanti.

Resep Sup Kambing Kuah Bening

Bahan-Bahan
500 gr daging kambing (bertulang)
2 cm jahe yang sudah dimemarkan
2 liter air
3 sdm minyak untuk menumis
2 sdm garam
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica butir
7 butir cengkih
5 cm kayumanis
1 butir biji pala (belah)
2 batang daun bawang (potong-potong)
1 batang daun seledri (iris kecil-kecil)
2 buah wortel ukuran sedang (potong sesuai selera)
5 butir tomat merah (potong)
2 sendok makan bawang goreng

Bahan Pelengkap
Emping goreng
Sambal cabai rawit matang

BACA JUGA : Resep Semur Daging Sapi, Sajian Istimewa di Hari Idul Adha

Cara Membuat
Pertama olahlah daging kambingnya lebih dulu, potong-potong daging kambing sesuai selera, apabila tulang terlalu panjang maka potog atau belahlah tulangnya.

Kemudian, cuci daging serta tulang sampai bersih. Lalu, rebus daging dan tulang menggunakan air bersih serta masukkan jahe yang telah dimemarkan, kemudian masukkan garam, lalu rebus daging sampai daging jadi lebih empuk setengah matang.

Panaskan minyak dan tumis bawah merah, bawang putih, merica yang telah dihaluskan bersama dengan cengkih, biji pala, kayumanis sampai harum dan matang. Adukhingga tercium aroma harum, angkat lalu sisihkan.

Masukkan bumbu tumisan tadi dalam rebusan kaldu daging yang telah dimasak. Aduk sampai merata dan teruskan untuk memasak. Rebus sampai daging menjadi lebih empuk dan matang juga kaldu jadi lebih menyusut sedikit.

Tambahkan potongan wortel, aduk sampai wortel sudah setengah matang, lalu lanjut masukkan irisan daun bawang serta tomat dalam rebusan. Aduk-aduk serta masak sebentar sampai tomat dan daun bawang jadi lebih layu.

Setelah matang, angkat dan tata dalam mangkuk saji. Terakhir taburkan daun seledri juga bawang goreng diatasnya.

Untuk lebih menggugah selera, sajikan sup kambing kuah bening ini bersama emping goreng dan juga sambal cabai rawit. Selamat Mencoba!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top