Connect with us

Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H

Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Ilustrasi (NET)

Artikel & Opini

Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H

RANCAH POST – Pengertian shalat Idul Adha adalah shalat yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Adapun waktu shalat Idul Adha sendiri sama seperti pelaksanaan shalat Idul Fitri, yakni dimulai setelah matahari terbit hingga waktu dzuhur.

Sedangkan niat shalat Idul Adha cukup diucapkan dalam hati. Namun tidak ada salahnya bila diucapkan pula dengan lisan sembari diikuti dalam hati. Berikut niat shalat Idul Adha untuk imam dan makmum:

Shalat Idul Adha dianjurkan dilaksanakan diawal waktu demi memberikan kesempatan kepada masyarakat luas yang hendak melaksanakan qurban setelah dilakukannya shalat id. Jumlah rakaatnya sebanyak dua rakaat dan ada khutbah setelah selesai dilaksanakan shalat id tersebut.

BACA JUGA: Kata Ucapan Idul Adha 2017 / 1438 H, Selamat Hari Raya Kurban!

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Pertama, dimulai dengan niat. Kedua, takbiratul ihram dan dilanjutkan dengan membaca do’a iftitah. Kemudian dilanjutkan dengan takbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama. Di antara takbir tersebut dianjurkan membaca tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir.

Ketiga, membaca surat Al-Fatihah. Usai membaca Al-Fatihah, dianjurkan membaca surat Al-A’la. Kemudian dilanjutkan dengan ruku, suju, dan kembali lagi seperti posisi semula.

Keempat, usai berdiri dari rakaat pertama, dilanjutkan kembali dengan takbir sebanyak 5 kali. Seperti pada rakaat pertama, di antara takbir tersebut kembali diucapkan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir. Kemudian membaca Al-Fatihah dan surat lainnya seperti Al-Ghasiyah yang dilanjutkan dengan ruku, sujud, dan gerakan lainnya hingga salam.

Kelima, selesai salam, jamaah kemudian mendengarkan khutbah hingga selesai.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Artikel & Opini

Advertisement
Advertisement
To Top